Dua Menteri Jokowi Pimpin Salat Jumat di Masjid Agung Medan

  • Whatsapp
IMG 20200705 WA0004
Menko Polhukam Mahfud MD saat menjadi khatib Salat Jumat di Masjid Agung Medan, Sumatera Utara, Jumat (3/7).

Inisiatifnews.com – Jamaah Masjid Agung Medan mendapatkan suasana yang berbeda saat mengikuti ibadah salat Jumat 3 Juli 2020 lalu. Imam yang memimpin salat jamaah Jumat siang itu adalah Jend. Pol. Tito Karnavian yang kini menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Sedangkan sebagai khatib adalah Moh. Mahfud MD yang tak lain adalah Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Bacaan Lainnya

Jumat lalu, kedua menteri Jokowi ini memang tengah melakukan kunjungan kerja ke Medan untuk memastikan penanganan Covid-19 dan kelancaran tahapan Pilkada Serentak di wilayah Sumatera Utara.

“Ini pengalaman berharga bagi kami orang Medan, belum pernah kami Salat Jumat yang imam dan khatibnya dua-duanya menteri,” ungkap Sudarsono, warga Medan yang kerap Salat Jumat di masjid kebanggaan masyarakat Sumatera Utara itu.

IMG 20200705 WA0008
Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian saat salat sunnah sebelum Salat Jumat di Masjid Agung Medan, Sumatera Utara, Jumat (3/7) lalu

Dengan bacaan Al-Quran yang fasih, Mendagri Tito Karnavian mengimami jamaah Jumat dengan surah Al-A’la pada rakaat pertama dan bacaan ayat kursi pada rakaat kedua.

Sementara dalam khutbahnya, di hadapan jamaah yang juga dihadiri Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Mahfud MD mengajak kaum muslimin untuk meningkatkan ketakwaan.

“Selain meningkatkan ketakwaan, kita juga perlu menciptakan suasana tenang pada diri masing-masing, selalu mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Karena ketenangan dan kebahagiaan dapat meningkatkan ketahanan tubuh sehingga tidak mudah terserang virus,” ungkap Menko Polhukam dalam khutbahnya.

Sebelumnya pada Kamis malam, Menko Mahfud dan Mendagri Tito berdialog dengan para ulama, tokoh masyarakat dan tokoh lintas etnis di Medan.

Pada kesempatan itu, Mahfud MD menjelaskan sikap pemerintah terkait keputusan penundaan pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). (INI)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pos terkait