Bambang Purwoko yang Tertembak di Papua; Dosen UGM dan Ayah Asuh Anak Papua

  • Whatsapp
20201011 145742
Anggota TGPF Intan Jaya Bambang Purwoko yang ditembak KKB di Sugapa, Papua beberapa hari lalu. Bambang dikenal konsen terhadap isu Papua sejak lama. (Instagram @bambang.purwoko)

Inisiatifnews.com – Anggota Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Kasus Intan Jaya terluka dalam aksi penembakan kepada rombongan tim investigasi saat menuju arah balik usai mendatangi tempat kejadian perkara di Kabupaten Intan Jaya Jumat (09/10). Sabtu (10/10) pagi, korban dievakuasi ke Jakarta.

Korban yang dievakusi adalah anggota TGPF Intan Jaya Bambang Purwoko yang merupakan Dosen dan Peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM), yang berpengalaman meneliti di Papua dan pernah menjadi ketua Pokja Papua UGM.

Bacaan Lainnya

Korban kedua yang dievakuasi, Sersan Satu TNI Faisal Akbar, Anggota Satgas Apter Hitadipa dari satuan asal Kodim 1304 Gorontalo.

Bambang mengalami luka tembak pada bagian kaki, sedangkan Sersan Satu Faisal tertembak dibagian pinggang.

Menanggapi ada anggota TGPF bentukannya yang selamat dari aksi keji kelompok kriminal bersenjata (KKB), Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD bersyukur. Mahfud menyebut, keduanya kini dalam kondisi baik dan tengah ditangani di RSPAD.

“Anggota TGPF Pembunuhan di Intan Jaya Papua yang juga dosen UGM Bambang Purwoko dan Sertu Faisal Akbar terluka karena tembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Bersyukur ke hadhirat Allah mereka sudah ditangani dengan baik oleh dokter di RSPAD,” ungkap Mahfud kepada Inisiatifnews.com, Minggu (11/10).

Kata Mahfud, TGPF yang berada di Papua kini terus melanjutkan tugansya mencari keterangan tragedi penembakan Pendeta Yeremia Zanambani di Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Mahfud menambahkan, Bambang Purwoko dikenal bukan hanya dosen peneliti tentang Papua di UGM. Bambang juga dikenal dekat dengan mahasiwa Papua di Yogyakarta.

“Pak Bambang Purwoko dikenal bukan hanya dosen dan peneliti UGM tentang masalah Papua. Tetapi juga dikenal sangat mencintai Papua dan orang-orang Papua. Banyak tokoh Papua yang menjadi mahasiswa bimbingannya. Dia juga dikenal sebagai ayah anak Papua di Yogyakarta karena banyak mahasiswa dan pelajar Papua yang diasuhnya,” ungkapnya.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait