Inilah Momen Kebahagiaan Para Santri Terima Hadiah dari Mahfud MD

  • Whatsapp
20201112 130439
Ucapan Selamat Hari Santri Nasional 22 Oktober oleh Menko Polhukam Mahfud MD

Inisiatifnews.com – Untuk memperingati Hari Santri 22 Oktober lalu, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD bikin lomba cerita menarik khas santri. Pengumuman lomba dipasang di akun Instagram pribadinya, @mohmahfudmd beberapa waktu lalu.

Mahfud menceritakan rasa bangganya pernah mengemban pendidikan di pondok pesantren (Ponpes). Mahfud juga menyebut peran penting santri dalam perjalanan Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Sebagai orang yang pernah mondok, saya bangga jadi santri. Karena tidak terbantahkan kaum santri telah memberi andil sangat besar bagi pembangunan dan kemerdekaan Indonesia. Santri selalu memikul amanah untuk menjaga dan membangun NKRI dengan Islam rahmatan lil alamin,” tulis Mahfud yang pernah nyantri di Ponpes Al-Mardhiyyah, Pamekasan, Madura, Jawa Timur ini.

Lomba cerita unik ini disambut antusias santri dari berbagai penjuru daerah. Mereka berlomba-lomba menceritakan pengalaman menarik dan uniknya selama berada di pesantren. Ada ratusan yang memposting cerita melalui instagram.

Kebanyakan cerita-cerita para santri ini berisi pengalaman yang khas dengan khazanah dan tradisi pesantren. Ceritanya pun alami dan lucu-lucu.

Misalnya santri pemilik akun @fikrinyantri. Dia menceritakan pengalaman bangkong alias tidur pagi dalam bahasa Jawa, selesai salat Subuh di hari Jumat. Mbangkong ini pelepas lelah saat libur, setelah sepekan belajar full.

“Menjadi hal yang luar biasa bagi kami sebagi santri dengan adanya peringatan Hari Santri, hal itu jelas menambah semangat kami. Karena kami sadar, kami diperhatikan oleh pemerintah dan masyarakat, serta dinanti-nantikan sumbangsihnya untuk agama dan negeri,” tulisnya.

Selanjutnya, santriwati pemilk akun @lylaalhasany menceritakan ketegangan mendapat giliran setor hapalan bacaan kepada pengajarnya di pesantren.

“Inget banget, rebutan antrian ngaji sampai antrian kamar mandi. Roller coaster kalah. Ditambah tiba tiba nge-blank, padahal pas antri udah yakin banget bakal lancar dan ‘lanyah‘. Habis ngantri, rasanya kayak habis mentas berendem di air sejuk dan legaaaa!!!!” ceritanya.

Bangga dan Bahagianya Para Pemenang

Sejumlah pemenang cerita lomba ini pun bahagia dan bangga dapat kiriman bingkisan langsung dari Mahfud MD. Salah satunya @fikrinyantri. Dia membuka bingkisan yang dibungkus amat eksklusif dari Mahfud MD berisi sarung dan seperangkat alat salat. Santri ini pun memamerkan ucapan selamat dari idolanya itu.

20201112 125131
Postingan salah satu pemenang lomba.

Melalui pesannya kepada akun Instagram @mohmahfudmd, santri ini amat bangga dan berterimakasih.

“Alhamdulillah. Terimakasih banyak bapak. Hadiahnya sudah saya terima dengan selamat dan sangat mengagumkan. Senang sekali pak. Dan sekali lagi terimakasih,” ucapnya.

Dia pun mendoakan menteri yang juga santri sekaligus sahabat Presiden KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini.

“Semoga panjenengan diberikan panjang umur. Fiithoatillah. Yang berkah manfaat. Sehat selalu bersama keluarga. Dan minta doa restunya. Semoga dalam saya mencari ilmu di pesantren, berjalan baik dan akhirnya mendapat berkah dan ilmu yang bermanfaat,” ungkapnya.

20201112 125215
Santriwati salah satu pemenang lomba tengah membuka bingkisan hadiah dari Mahfud MD.

Santriwati dengan akun @nelakhaizah_ juga membagikan videonya tengah membuka bingkisan hadiah dari Mahfud MD.

“Terimakasih Pak @mohmahfudmd hadiahnya sudah sampai. Karena aku nge-fans sama Pak Mahfud jadi sueneng,” tulisnya sambil menggunting bingkisan dengan amat antusias.

“Meskipun nggak akan direpost, tag aja beliau @mohmahfudmd. Waa seperangkat alat salat dan lain-lain,” tulisnya kembali sembari menunjukkan ucapan selamat dan terimakasih dari tokoh idolanya ini.

Yang mengagumkan, Mahfud MD me-repost unggahan santriwati ini dalam story Instagramnya.

Senada, santri dengan nama Muhammad Nabit Ilmi juga mengunggah kebahagiannya mendapat hadiah dari Mahfud MD. “Alhamdulillah pak. Hadiahnya mendarat dengan mulus. Sekali lagi matur suwun pak njih,” tulisnya sambil memamerkan hadiah dan ucapan yang ditandatangani oleh Mahfud MD.

20201112 125143
Postingan salah satu pemenang lomba.

Yang Belum Menang, Coba Lagi Tahun Depan 

Mahfud pun memberikan selamat kepada pemenang melalui postingan video di akun instagram-nya.

“Saya mengucapkan selamat kepada pemenang cerita hari santri dalam rangka hari santri nasional yang lombanya dilakukan melalui Instagram saya, Mahfud MD. Saya sudah membaca semua, ceritanya bagus-bagus, lucu-lucu, alami dari pesantren, karena saya juga lulusan pesantren, jadi ikut menghayati cerita itu. Bagus-bagus. Tapi tentu tidak semuanya menang. Karena pesertanya banyak dan pemenangnya dibatasi enam orang,” ujar Mahfud MD.

Kepada para peserta yang belum menang, ia berjanji akan mengadakan lomba serupa pada hari santri tahun depan.

“Untuk yang belum menang, tahun depan bikin cerita yang bagus lagi, mudah-mudahan menjadi pemenang. Selamat Hari Santri 22 Oktober 2020,” ungkap Mahfud MD. (FMM)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait