Mahfud MD Persilakan Komnas HAM Selidiki Kasus Tewasnya 6 Laskar FPI

IMG 20201117 002324
Menko Polhukam, Mahfud MD.

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan, pemerintah tak memiliki rencana membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus tewasnya enam laskar Front Pembela Islam (FPI) tempo hari.

Namun, Mahfud MD mempersilakan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menginvestigasi kasus tersebut.

Bacaan Lainnya

“Pemerintah memang tidak akan membentuk TGPF. Karena apa? Menurut hukum, pelanggaran HAM seperti itu, menurut Undang-undamg Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM. Itu urusan Komnas HAM,” kata Mahfud seperti dilihat di kanal YouTube Dewan Pakar KAHMI Official, Jakarta, Senin (28/12).

Oleh karenanya, Mahfud mendorong Komnas HAM bekerja maksimal dan independen mengusut kasus tersebut.

Mahfud mempersilakan Komnas HAM mengumumkan hasil investigasi mereka. Pemerintah, dipastikannya tak akan mengintervensi Komnas HAM.

“Saya ketemu dengan Komnas HAM. Sehingga anda bekerja apa saja, silakan selidiki, kami tidak akan mempengaruhi, tidak akan intervensi. Nanti kita follow up. Kalau perlu pengawalan dari polisi, kami bantu,” tegas mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Dia menegaskan, pemerintah tidak tinggal diam, misalkan proses investigasi Komnas HAM menyatakan ada pelanggaran dalam kasus tewasnya enam laskar FPI itu.

“Kita akan selesaikan. Kalau itu ada pelanggaran HAM dari polisi, kami akan selesaikan. Tapi, pemerintah memang tidak akan bentuk TGPF,” tandas Menteri Pertahanan era Presiden Gus Dur ini. (MMF)

Pos terkait