Listyo Sigit Prabowo Dilantik Sebagai Kapolri

  • Whatsapp
listyo kapolri
Listyo Sigit Prabowo saat diambil sumpah jabatannya sebagai Kapolri oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, pada hari Rabu 27 Januari 2021.

Inisiatifnews.com – Hari ini, Listyo Sigit Prabowo dilantik sebagai Kapolri secara langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta.

“Harap dijawab pertanyaan saya. Saudara Komisaris Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si, apakah saudara beragama kristen? Apakah saudara bersedia saya ambil sumpah menurut agama kristen?,” tanya Presiden mengawali prosesi pelantikan, Rabu (27/1/2021).

Bacaan Lainnya

Mendapati pertanyaan itu, Listyo pun menjawab kesediaanya untuk diambil sumpah sebagai syarat pelantikannya sebagai Kapolri. “Bersedia,” jawab Listyo.

Berikut adalah naksah sumpah Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri ;

Demi Tuhan Yang Maha Esa

Saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara.

Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Bahwa saya, akan menjunjung tinggi Tribrata.

Kiranya Tuhan menolong saya.

Usai diambil sumpah, Presiden Joko Widodo pun menyematkan bintang empat kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan tongkat komando sebagai Tribrata 1.

penyematan bintang empat ke listyo sigit prabowo
Presiden Joko Widodo saat menyematkan bintang empat kepada Listyo Sigit Prabowo.

Proses pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri tersebut dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan. []

Pos terkait