Mahfud MD : Selamat Hari Jadi NU

  • Whatsapp
Mahfud MD
Menko Polhukam, Mahfud MD. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mohammad Mahfud MD menyampaikan ucapan selamat atas ulang tahun yang ke 95 tahun kepada Nahdlatul Ulama.

“Selamat hari jadi Nahdlatul Ulama (NU) yang ke 95,” kata Mahfud MD, Minggu (31/1/2021).

Bacaan Lainnya

Ia menyebut bahwa kehadiran organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan Islam di Indonesia itu merupakan sesuatu yang perlu disyukuri bersama.

Selain sepak terjangnya dalam berperan untuk kemerdekaan Indonesia kala itu, NU adalah salah satu ormas yang memiliki misi menyebarkan Islam yang ramah.

“Bangsa Indonesia patut bersyukur mempunyai NU, ormas Islam yang menyebarkan Islam yang ramah, mempertemukan prinsip keislaman dan paham kebangsaan, menyemai dan membangun nasionalisme yang kemudian ikut mengantarkan Indonesia merdeka,” ujarnya.

Apalagi salah satu peran besar NU dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, pendiri NU yakni KH Hasyim Asyari mengeluarkan sebuah semboyan yakni hubbul wathon minal iman, yang artinya cinta tanah air adalah bagian dari dari keimanan.

Diterangkan Mahfud, semboyan itu bukanlah penggalan hadist Nabi Muhammad SAW, melainkan hasil sebuah penggalian makna dari tokoh sentral NU terhadap sumber hukum Islam yang bisa dimanifestasikan terhadap kehidupan saat ini, khususnya dalam bingkai keIndonesiaan.

“Ungkapan Hubbul wathon minal iman bukan ayat Alquran atau pun hadits Nabi. Tapi ia merupakan ungkapan dalil yang secara fiqhiyah diciptakan oleh NU melalui istinbath (penggalian) terhadap nilai-nilai Quran dan Hadits sehingga sangat Islami dan Indonesiawi,” terangnya.

Pos terkait