Prof Alwi Shihab Dapat Penghargaan Syekh Muhammad Abduh 2020

  • Whatsapp
alwi shihab
Prof Alwi Abdurrahman Shihab.

Inisiatifnews.com – Mantan Menteri Luar Negeri Indonesia, Alwi Abdurrahman Shihab alias Prof Alwi Shihab dikabarkan mendapatkan penghargaan Syekh Muhammad Abduh yang diselenggarakan oleh oleh Pusat Kajian Strtegis Kairo (CCSS).

Kabar ini dimuat di surat kabar Al-Ahram pada hari Rabu, 3 Februari 2021. Di mana alumnus Univesitas Al Azhar Mesir tersebut telah diganjar penghargaan dunia itu.

Bacaan Lainnya

“Pusat Kajian Strategis Kairo, CCSS, mengumumkan bahwa Profesor Alawi Shihab, Utusan Khusus Presiden Indonesia dan mantan Menteri Luar Negeri, memenangkan “Syekh Muhammad Abdo International Prize” dalam sesi pertamanya untuk tahun 2020,” tulis situs Al-Ahram yang dikutip Inisiatifnews.com, Jumat (5/2/2021).

Presiden dari Cairo Center for Strategic Studies, Ahmed Al-Maslamani menyampaikan, bahwa penghargaan terhadap Prof Alwi Shihab pantas disandangkan karena peran dan pemikiran dari tokoh Islam dari Indonesia tersebut.

“Alawi Shihab adalah seorang pemikir dan politikus Asia terkemuka, dan dia adalah salah satu dari mereka yang terus-menerus bekerja di konfrontasi komprehensif terorisme dan ekstremisme agama, karena ia Mahasiswa sekolah Azharite kuno (Al Azhar -red),” kata Maslamani.

Rencananya, Prof Alwi Shihab telah diagendakan untuk datang ke Mesir untuk menyampaikan kuliah umum di markas besar Pusat Kajian Strategis Kairo di distrik Garden City Kairo. Untuk saat ini, pelakat penghargaan kepada Prof Alwi tersebut telah diserahkan melalui Kedutaan Republik Indonesia untuk Mesir.

“Penyerahan plakat penghargaan kepada Duta Besar Republik Indonesia di Kairo,” jelasnya.

Tentang Prof Alwi Shihab

Prof Alwi Abdurrahman Shihab adalah pria kelahiran Rappang, Sulawesi Selatan pada tanggal 19 Agustus 1946. Ia adalah seorang politikus Indonesia yang pernah menjadi Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat antara 21 Oktober 2004 hingga 7 Desember 2005. Sebelumnya ia adalah Menteri Luar Negeri Indonesia pada tahun 1999 sampai 2001. Ia juga adalah mantan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa.

Ia juga diketahui menghabiskan masa kecil dan remajanya di Makassar, Malang, dan Kairo. Pendidikan sarjananya dalam bidang akidah filsafat di Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Ujung Pandang, diselesaikan pada tahun 1986. Pada saat yang hampir bersamaan ia meraih gelar master dari Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir.

Selain itu, Alwi juga mempunyai gelar master dari Universitas Temple, Amerika Serikat yang diterima pada tahun 1992.

Alwi Shihab jugamUtusan Khusus Presiden Indonesia untuk Timur Tengah dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Dia juga mantan Menteri Luar Negeri.

Selain meraih dua gelar master, Alwi juga mempunyai dua gelar doktor, masing-masing dari Universitas Ain Syam, Mesir (1990) dan Universitas Temple (1995).

Pos terkait