Alumnus UII, Rofikoh Rokhim Dikukuhkan Sebagai Guru Besar UI

  • Whatsapp
20210313 120133
Rofikoh Rokhim, dikukuhkan sebagai guru besar di bidang manajemen pada Sidang Terbuka Senat Universitas Indonesia, Sabtu (13/3).

Inisiatifnews.com – Alumnus Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang menjadi dosen tetap di Universitas Indonesia (UI) Rofikoh Rokhim, dikukuhkan sebagai guru besar di bidang manajemen pada Sidang Terbuka Senat Universitas Indonesia, Sabtu (13/3).

Rofikoh yang menjadi guru besar tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia itu menyampaikan pidato berjudul Perbankan dan Keuangan Sosial, Aspek Berkelanjutan untuk Kesejahteraan dalam sidang yang dilaksanakan secara daring dengan dipimpin Rektor UI, Ari Kuncoro.

Bacaan Lainnya

Dalam pidato pengukuhannya, Rofikoh membawa paradigma pemikiran dunia keuangan agar menyelaraskan antara kepentingan profit, people, dan planet.

Lembaga keuangan selayaknya menyelaraskan pembiayaan yang disalurkan dengan tujuan pembanguan berkelanjutan. Dalam jangka pendek, hal itu akan sedikit mengurangi keuntungan, namun dalam jangka panjang, keuntungan akan lestari dan seimbang dengan perkembangan manusia dan alam semesta.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang hadir secara virtual mengaku bangga dengan pencapaian juniornya di UII tersebut.

“Saya bangga alumni UII dapat berprestasi dan mengabdi di UI. Di era reformasi yang tak terlepas dari masifikasi teknologi informasi, mutu pendidikan dan peluang bekerja di tempat bergengsi tidak ditentukan oleh lembaga pendidikannya negeri atau bukan. Dari universitas swasta seperti UII juga bisa menjadi dosen di UI, UGM, Unair, dan lain-lain. Yang penting norma dan tradisi akademik dijaga, dan yang bersangkutan bekerja atau berjuang keras, contohnya Prof Rofikoh ini,” ujar Mahfud yang juga Ketua Dewan Penasehat Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA-UII).

Selain Mahfud, sejumlah tokoh dan pejabat hadir secara virtual untuk menyaksikan pidato pengukuhan mantan wartawan Harian Bisnis Indonesia itu. Antara lain Mensesneg Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Wamen BUMN Kartiko Wiroadmodjo, Ketua OJK Wimboh Santoso, Gubernur BI Perry Warjiyo, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, dan sejumlah anggota DPR.

Hadir pula Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menristek/BRIN Bambang Brodjonegoro selaku Majelis Wali Amanat (MWA) UI.

Rofikoh Rokhim menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi UII tahun 1993. Setelah menjadi wartawan desk ekonomi di Harian Bisnis Indonesia, ia melanjutkan studinya di Universite de Paris I Pantheon Sorbonne, Perancis. Dia juga banyak mengambil kelas profesional di Harvard, MIT, INSEAD, Wharton, Chicago, Standord, Oxford, dan LSE.

Rofikoh pernah ditunjuk sebagai anggota Satgas Anti Mafia Migas yang membubarkan Petral dan memformulasi harga BBM yang lebih dinamis, selain anggota Satgas Dana Desa yang memastikan dana digunakan dengan tata kelola yang baik.

Dia juga aktif di berbagai lembaga dan korporasi sebagai komite seperti di Pos Indonesia, Hotel Indonesia Natour, BPJS Ketenagakerjaan, PNM, dan saat ini sebagai komisaris BRI. (RM)

Pos terkait