Ziarah Ke Makam Kiai Sanusi Baco, Mahfud MD Ajak Hormati Ulama

  • Whatsapp
Screenshot 20210610 174451 Chrome
Menko Polhukam Mahfud MD saat berziarah ke makam Anregurutta KH Sanusi Baco di Desa Talawe, Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (10/6/21).

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamam (Menkopolhukam) Mahfud MD kembali melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Selatan (Sulsel). Mahfud MD tiba di Makassar sekitar pukul 23.00 WITA, Rabu (09/6/21) tengah malam.

Pagi harinya, Kamis (10/6/21), sebelum melakukan tugas kunker, Mahfud menyempatkan berziarah ke makam Anregurutta KH Sanusi Baco di Desa Talawe, Maros, Sulawesi Selatan.

Bacaan Lainnya

Usai tabur bunga dan berdoa, Mahfud MD bercerita, dia pertama kali bertemu dengan Kiai Sanusi Baco saat diperkenalkan Presiden KH. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

“Saya pertama kali berkenalan dengan almarhum saat menjadi menteri di era Presiden Gus Dur. Gus Dur biasanya bila di luar jam kerja, misalnya setelah solat subuh, menerima tamu dari kalangan sahabat yang umumnya kiai. Dari sini saya dikenalkan Presiden Gus Dur dengan Anregurutta Kiai Sanusi Baco,” kata Mahfud MD di makam Kiai Sanusi Baco.

Untuk mengingatkan, Kiai Sanusi Baco wafat di Makassar pada hari Sabtu (15/5) sekitar pukul 20.00 WITA, bertepatan dengan 3 Syawal 1442 H.

“Almarhum adalah ulama teladan, panutan umat. Peran almarhum terutama di Sulawesi Selatan sungguh besar. Karena itu, bagi pemerintah, ulama seperti almarhum Anregurutta Kiai Sanusi Baco ini sangat penting, karena bisa membantu pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat,” ungkap Menko Mahfud.

Di bawah tenda di makam Kiai Sanusi Baco, Mahfud berpesan kepada jajaran Kemenko Polhukam agar senantiasa menghormati ulama.

“Saya berpesan kepada bapak Kapolres, Pak Dandim, Pak Bupati, jalinlah hubungan baik dengan ulama. Karena manfaatnya banyak, terutama untuk kebaikan umat atau rakyat,” pesan Mahfud.

Hadir menyambut eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini antara lain, putra AGH Sanusi Baco, KH. Irfan Sanusi, Bupati Maros Chaedir Syam, Rektor UIN Alauddin Prof. Hamdan Juhannis, Kapolres dan Dandim Maros, Imam Masjid Raya Makassar dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel.

“Kami sebagai putra dan putri almarhum, juga kerabat keluarga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menko Polhukam, di tengah kesibukannya yang sangat padat, menyempatkan ziarah ke makam orang tua kami di Maros. Kami paham betul kedekatan dan perhatian Pak Menko dengan orang tua kami semasa hidup. Sehingga kami sungguh bahagia dan bersyukur bertemu dan berdoa bersama pagi ini,” jelas KH Irfan Sanusi.

Usai berziarah ke makam Kiai Sanusi Baco, Mahfud MD menyaksikan simulasi penanganan pesawat udara asing setelah pemaksaan mendarat (force down), di Lanud Hasanuddin, Makassar bersama Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Diketahui, ini kali kedua Menko Polhukam Mahfud mengunjungi Sulsel. Sebelumnya, Mahfud MD berkunjung ke Makassar pada 23-24 Maret 2021. Kala itu, Mahfud MD didaulat menjadi Khatib Jumat di Masjid Al Markaz Jenderal M Jusuf, Jumat (23/4) lalu.

Mahfud juga menyambangi Gereja Katedral, di Jalan Kajaolalido, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, lokasi bom bunuh diri 28 Februari lalu. Mahfud didampingi Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno dan Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam. Kehadiran rombongan Mahfud MD disambut Uskup Agung Keuskupan Agung Makassar, Yohanes Liku Ada. (INI)

Pos terkait