Mahfud Dampingi Presiden Jokowi Resmikan PLBN Sota

  • Whatsapp
Screenshot 20211004 010638 Instagram
Presiden Jokowi, Menko Polhukam Mahfud MD, dan Mendagri Tito Karnavian meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota, Merauke, Minggu (03/10/21).

Inisiatifnews.com – Usai membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Presiden Joko Widodo (Jokowi) terbang ke Merauke. Di Kabupaten paling timur di Indonesia ini, Presiden bersama Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, meninjau perbatasan di Distrik Sota.

Di sini, Presiden Jokowi meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota. Selain Mahfud sebagai Ketua Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), turut menyertai Presiden Jokowi yakni Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Investazi Bahlil Lahadalia, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Bacaan Lainnya

Presiden Jokowi meresmikan PLBN dengan simbolis menabuh Tifa, alat musik tradisional Papua. PLBN Sota merupakan yang kedua dibangun di Papua yang berbatasan dengan Papua Nugini. Sebelumnya terdapat PLBN Skouw di Jayapura, Papua.

Presiden Jokowi menyakini, kehadiran PLBN Sota akan meningkatkan keamanan di perbatasan negara. Selain itu, PLBN Sota juga diharapkan dapat berdampak pada masyarakat secara ekonomi.

“Semoga mendorong pertumbuhan sentra-sentra perkonomian baru dan membuat masyarakat perbatasan semakin cinta dan bangga terhadap negara kita Indonesia,” ujar Presiden Jokowi saat meresmikan PLBN Sota, Minggu (03/10/21).

PLBN juga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan masyarakat. PLBN Sota disebut Presiden Jokowi, dibangun dengan sistem terintegrasi dan punya fasilitas lengkap.

“Saya berharap PLBN Sota memberi pelayanan yang lebih baik dan nyaman pada masyarakat Indonesia yang melintas perbatasan Indonesia menuju Papua Nugini,” ungkap Jokowi.

Presiden Jokowi menyatakan, pembangunan PLBN menjadi salah satu fokus pemerintah Jokowi. Selama tujuh tahun terakhir, telah dibangun 8 PLBN di seluruh Indonesia.

“PLBN sebagai perwakilan wajah Indonesia juga menunjukkan komitmen pemerintah membangun Indonesia dari perbatasan,” ujarnya. (INI)

Pos terkait