Indonesia Emas 2045 : Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil, Makmur

mahfud md
Menko Polhukam, Mahfud MD.

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud MD mengatakan bahwa ada proyeksi besar yang digagas oleh Indonesia ke depan menyambut bonus demografi.

Proyeksi tersebut adalah Indonesia Emas 2045. Di sana, Indonesia akan menjadi penentu seperti apa Indonesia akan diproyeksikan sejak diproklamirkan tahun 1945 silam.

Bacaan Lainnya

“Apa imajinasi kita di tahun 2045? Indonesia sudah mencapai sosoknya yang dibayangkan ketika dulu nol tahun tepatnya 1945, kita mendirikan negara yang kita inginkan itu seperti apa,” kata Mahfud MD dalam keynote speech di dialog kebangsaan Imaji Satu Abad Indonesia yang diselenggarakan di Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta, Selasa (26/7).

Tujuan Indonesia merdeka menurut Mahfud adalah sesuai dengan yang termaktub di dalam alinea kedua pembukaan UUD 1945. Inilah yang menjadi salah satu acuan dasar mengapa proyeksi Indonesia Emas itu digagas.

“UUD 1945 itu menyatakan Indonesia masa depan itu adalah Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, makmur. Itu terdapat di pembukaan UUD 1945 alinea kedua,” ujarnya.

Acuan dasar yang formil selanjutnya dikatakan Mahfud adalah Peraturan Presiden dua generasi, yakni era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2010 tentang Program Indonesia Emas, dan eranya Presiden Joko Widodo dengan Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2010 Tentang Program Indonesia Emas.

“Ada 2 Peraturan Presiden tahun 2010 Nomor 22, dan tahun 2016 pak SBY yang membuat, pak Jokowi juga buat. Tentang satu abad Indonesia itu mau seperti apa. Satu abad Indonesia adalah Indonesia Emas, (itu) program resmi dan sebutan resmi di dalam peraturan perundang-undangan kita,” imbuhnya.

Mengapa angka 2045 yang disebut, karena negara melalui instrumen pemerintahannya sudah memperhitungkan dengan matang. Maka inilah yang menjadi proyek besar agar negara Indonesia menuju pada kondisi yang dicita-citakan itu.

“Terjadi perdebatan, apa betul Indonesia akan maju pada tahun 2045? Ya betul, itu sudah dihitung, pemerintah sudah menghitung, dalam trajektori internasional negara-negara itu polarisasinya sudah bisa dipetakan,” paparnya.

Seperti apa Indonesia 2024, Mahfud menyampaikan berdasarkan perhitungan ilmiah yang ada, pendapatan per kapita sampai 23.900 USD/kapita saat itu. Jumlah penduduk Indonesia juga diproyeksikan mencapai 306 juta jiwa.

Pun demikian, Mahfud memberikan penekanan bahwa untuk mencapai Indonesia yang dicita-citakan itu, perlu ada usaha bersama secara kompak dan kolaboratif dari semua komponen anak bangsa yang ada.

“Ini akan terjadi manakala usaha-usaha kita dilakukan sungguh-sungguh,” tegasnya.

Pos terkait