Gara-gara Habib Rizieq Langgar Protokol Kesehatan, Anies Diperiksa Polisi

  • Whatsapp
IMG 20201111 WA0001
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan saat silaturrahmi di kediaman imam besar FPI Habib Muhammad Rizieq bin Husein bin Shihab di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada hari Selasa 10 November 2020 malam.

Inisiatifnews.com – Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono membenarkan bahwa Kepolisian akan memeriksa sejumlah orang terkait dengan pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan oleh Habib Muhammad Rizieq bin Husein bin Shihab (HRS).

Dari sejumlah orang yang akan diperiksa, ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Ia dan sejumlah pihak ini untuk mengklarifikasi dugaan tindak pidana UU Kekarantinaan Kesehatan.

Bacaan Lainnya

“Yang kedua tindak lanjut penyidik dengan perkara pelanggaran protokol kesehatan atas diselenggarakannya acara resepsi pernikahan putri dari HRS,” kata Irjen Pol Argo di Jakarta, Senin (16/11/2020).

Argo mengatakan surat klarifikasi telah dilayangkan kepada Anies dan sejumlah pihak. Sejumlah pihak terkait acara HRS yakni Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara.

“Jadi penyidik sudah mengirimkan surat klarifikasi kepada anggota bimas yang bertugas protokol kesehatan kepada RT, kepada RW, kepada satpam maupun linmas dan kemudian lurah, camat dan Wali Kota Jakarta Pusat kemudian dari KUA, dari Satgas COVID-19, biro hukum DKI dan Gubernur DKI, biro hukum Kemenkes RI,” sebut dia.

Tak hanya beberapa pejabat di semua level itu, Polri juga akan menggali keterangan dari beberapa orang yang juga merupakan tamu di acara HRS tersebut.

“Dan kemudian beberapa tamu yang hadir,” imbuhnya.

Argo menegaskan klarifikasi ini terkait dugaan tindak pidana pelanggaran pasal UU Kekarantinaan Kesehatan.

“Dan ini rencana akan kita lakukan klarifikasi dengan dugaan tindak pidana pasal 95 UU RI Nomor 6 tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan, Pasal 93,” ucapnya.

Berdasarkan surat pemanggilan kepada Anies Baswedan, Polda Metro Jaya mengeluarkan surat pemanggilan dengan nomor B/19925/XI/RES.1.24/2020/Ditreskrimum. Surat tersebut ditandatangani oleh Kepala Sub Direktorat Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya atasnama AKBP Raindra Ramadhan Syah.

Di dalam surat tersebut pula, Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta diminta untuk menghadap ke Ruang V Subditkamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya hari Selasa 17 November 2020 pukul 10.00 WIB untuk diminta klarifikasi terhadap dugaan tindak pidana pelanggaran protokol kesehatan. [RED]

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait