Diduga Hina Habib Luthfi bin Yahya, Muannas Alaidid Polisikan Soni Eranata

  • Whatsapp
Muannas Alaidid
Muannas Alaidid.

Inisiatifnews.com – Ketua lembaga hukum Cyber Indonesia, Habib Muannas Alaidid menyampaikan secara resmi bahwa pihaknya sudah melaporkan Ustadz Maaher At-Thuwailibi alias Soni Eranata ke Bareskrim Mabes Polri.

‘Hari ini masih di Bareskrim polri dan alhamdulillah sudah melaporkan secara resmi Maaher At-Thuwailibi atau nama aslinya Soni Eranata ke Bareskrim Polri,” kata Muannas dalam keterangannya, Senin (16/11/2020).

Bacaan Lainnya

Pelaporan itu dialamatkan kepada Soni karena diduga melakukan penghinaan terhadap Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya di sosial media.

“Atas dugaan pidana penghinaan dan pencemaran nama baik serta ujaran kebencian melalui ITE,” ujarnya.

Ia memberikan peringatan kepada Soni, agar berhati-hati dalam menyampaikan tutur kata. Karena jeratan hukumnya cukup berat.

“Pasal ini ancamannya paling tinggi di atas 5 tahun dan memungkinkan dilakukan penangkapan terhadap terduga pelaku apalagi ini merupakan penghinaan terhadap Habib yang dimuliakan terhadap orangtua kita guru kita Habib Luthfi bin Yahya,” jelasnya.

Kemudian, Muannas juga menyampaikan, bahwa ujaran-ujaran kebencian yang dilakukan Soni Eranata bukan kali ini terjadi. Sebelumnya, salah satu ustadz yang terkenal mengucapkan kata-kata kotor dan sebutan buruk kepada orang lain ini juga diduga melakukan hal serupa.

“Dan penghinaan terhadap dugaan yang dilakukan oleh Maaher At-Thuwailibi bukan kali pertama, dia juga pernah melakukan penghinaan terhadap pihak kepolisian, penghinaan terhadap Kiai Maruf, Kiai Said dan ulama-ulama lainnya,” tandasnya.

Pelaporan terhadap Soni alias Maaher ini dilakukan sekaligus juga untuk memberikan peringatan kepada para pemuka agama atau penceramah agar berhati-hati dengan lisannya, agar tidak justru melakukan ujaran kebencian kepada para jamaahnya.

“Sehingga tindakan tegas terhadap yang bersangkutan agar bisa memberikan efek jera kepada ustadz (atau) dai untuk sebarkan ceramah dengan kebaikan dan ukhuwah,” papar Muannas.

Politisi dan biro hukum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini pun berharap agar para petinggi Polri tetap menjalankan hukum sesuai dengan aturan yang ada.

“Mohon diatensi Pak Kapolri, pak direktur Cyber Bareskrim Polri agar hukum dapat berlaku sesuai peraturan perundang-undangan,” tutupnya.

Perlu diketahui, bahwa tim kuasa hukum Habib Luthfi bin Yahya yakni Muannas Alaidid, Husin Shihab dan Aulia Fahmi.

Dalam laporan mereka, Bareskrim Mabes Polri sudah menerima dengan keluarnya surat tanda terima laporan dengan nomor STTL/392/XI/2020/BARESKRIM berdasarkan surat laporan dengan nomor LP/B/0649/XI/2020/BARESKRIM tertanggal 16 November 2020.

Soni Eranata diduga melanggar Pasal 27 Ayat (3) Jo Pasal 45 (3) Undang-Undang Nomar 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 dan / atau Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait