Presiden Jokowi Minta Aparat Tegas Tindak Pelanggar Prokes

  • Whatsapp
IMG 20201116 225316
Presiden Joko Widodo.

Inisiatifnews.com – Presiden Joko Widodo meminta dengan tegas kepada para aparat untuk benar-benar bisa mendisiplinkan masyarakat di Indonesia yang melakukan pelanggaran terhadap protokol kesehatan (prokes).

“Ketegasan aparat mendisiplinkan masyarakat untuk patuh kepada protokol kesehatan adalah suatu keharusan,” kata Presiden Jokowi, Senin (16/11/2020).

Bacaan Lainnya

Apalagi saat ini, jumlah angka kasus Covid-19 di Indonesia sudah menunjukkan tren yang positif. Sehingga orang nomor satu di Republik Indonesia tak ingin kerja keras yang selama ini dilakukan oleh seluruh stakeholder yang ada menjadi sia-sia.

“Angka kasus aktif dan kesembuhan Covid-19 di Indonesia menunjukkan perbaikan, jangan sampai rusak karena tidak berani mengambil tindakan hukum yang tegas di lapangan,” ujarnya.

Kemudian, Presiden Jokowi juga mengingatkan bahwa perjuangan para tenaga kesehatan (nakes) bahkan ada yang sampai meninggal dunia adalah perjuangan yang sangat luar biasa.

Ia pun meminta agar semua mata melihat ke dalam fakta itu, bahwa kasus COVID-19 benar-benar tengah menjadi pekerjaan rumah besar bangsa Indonesia. Sehingga menerapkan protokol kesehatan harus benar-benar dilakukan oleh seluruh bangsa Indonesia tanpa terkecuali.

“Jangan sampai perjuangan dan pengorbanan para dokter, perawat, tenaga medis, paramedis dalam menangani dan merawat pasien Covid-19 menjadi sia-sia karena pemerintah tidak bertindak tegas untuk kegiatan yang bertentangan dengan protokol kesehatan dan peraturan-peraturan yang ada,” paparnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta kepada para aparat untuk tidak hanya sekedar melakukan imbauan semata, akan tetap penegakan aturan juga harus diutamakan agar masyarakat juga patuh demi kebaikan bersama.

“Jangan hanya sekadar imbauan, tapi dengan pengawasan dan penegakan aturan di lapangan,” tegas Presiden.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyampaikan bahwa kepercayaan publik terhadap langkah keras pemerintah dalam melakukan penanggulangan COVID-19 sangat diperlukan.

“Kepercayaan masyarakat terhadap upaya pemerintah amat diperlukan agar langkah-langkah pengendalian pandemi yang dijalankan pemerintah dapat benar-benar berjalan dengan efektif,” tandasnya. []

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait