Jerry Massie Nilai Hubungan Politik Bisa Goyang Usai Edhy Prabowo Ditangkap KPK

  • Whatsapp
jerry massie
Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie. [foto : Istimews]

Inisiatifnews.com – Pengamat politik dari Political and Public Policy Studies, Jerry Massie menilai bahwa akan ada gesekan terlepas itu kecil atau besar terhadap koalisi pemerintah pasca digelandangnya Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Saya lihat akan berdampak di kubu Gerindra dan pendukung pemerintah lainnya,” kata Jerry Massie, Rabu (25/11/2020).

Bacaan Lainnya

Hal ini melihat Edhy adalah salah satu orang yang sangat dekat dengan Menteri Pertahanan saat ini, yakni Prabowo Subianto, yang juga sekaligus sebagai Ketua Umum DPP Partai Gerindra.

“Alasan sederhana, Edhy Prabowo merupakan anak emasnya Menhan sekaligus Ketua Gerindra Prabowo Subianto,” ujarnya.

Walaupun pernyataan resmi KPK belum keluar secara resmi terhadap alasan mengapa Edhy Prabowo dijemput tim penyidik KPK di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) dini hari, namun Jerry menaruh kecurigaan kuat bahwa ini tidak lepas dari persoalan ijin ekspor benur lobster.

“Memang saya menduga dari awal ini terkait dengan ekspor benih lobster yang sempat dilarang Menteri sebelumnya (Susi Pudjiastuti -red),” tandasnya.

Penangkapan secara langsung Edhy Prabowo juga dinilai Jerry bisa menjatuhkan nama baik Prabowo Subianto pula. Namun ia berperasangka sekalipun belum ada penetapan tersangka terhadap Edhy Prabowo, Prabowo Subianto sudah mempersiapkan nama pengganti Menteri Kelautan dan Perikanan.

“Paling tidak dia (Prabowo) akan mencari alternatif pengganti, bisa saja Sekjen Gerindra Ahmad Muzani atau Wakil Ketua DPR RI Zufmi Dasco Ahmad,” ucapnya.

Perlu diketahui, bahwa tim penyidik KPK yang dipimpin oleh Novel Baswedan telah melakukan penangkapan terhadap Edhy Prabowo dan beberapa orang di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Cengkareng, Banten.

Penangkapan tersebut berlangsung pada pukul 01.23 WIB, Rabu 25 November 2020 dini hari tadi. Edhy Prabowo dikabarkan baru saja tiba di Indonesia usai melakukan lawatannya dari Amerika Serikat. []


Pos terkait