Husein Shihab Sebut Penghadang Polisi di Petamburan III Pelanggaran Hukum

  • Whatsapp
Husein Shihab
Ketua Cyber Indonesia, Husein Shihab. [foto : Istimewa]

Inisiatifnews.com – Ketua Cyber Indonesia, Husein Shihab menyayangkan sikap Laskar Pembela Islam (LPI) yang melakukan penghadangan terhadap aparat Kepolisian yang mengantarkan surat pemanggilan terhadap Habib Rizieq Shihab dan menantunya yakni Habib Hanif Alatas.

Aksi penghadangan itu dilakukan oleh sejumlah laskar dengan seragam dan baret putih masing-masing di Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, upaya penghadangan tugas kepolisian ini merupakan bentuk dari perilaku kriminal.

“Siapapun yang menghalagi tugas kepolisian sebagai alat negara merupakan perbuatan kriminal,” kata Husein Shihab dalam keterangannya yang diterima Inisiatifnews.com, Minggu (29/11/2020).

Atas dasar itu, ia menyarankan agar siapapun yang melakukan penghalangan itu untuk bisa diproses secara hukum.

“Dan siapapun yang menghalangi harus segera ditangkap dan diusut tuntas, mau satgas, laskar atau siapapun,” tegasnya.

WhatsApp Image 2020 11 29 at 18.29.34
Sejumlah laskar dari Front Pembela Islam (FPI) menghadang tim dari Reskrimum Polda Metro Jaya yang hendak ke kediaman Habib Rizieq Shihab untuk mengantarkan surat pemanggilan sebagai saksi.

Kemudian, Husein Shihab juga menyebut bahwa surat pemanggilan terhadap Rizieq dan Hanif adalah upaya kepolisian untuk memproses pengambilan keterangan terhadap dugaan pelanggaran hukum protokol kesehatan, bukan bentuk dari kriminalisasi terhadap ulama atau aktivis.

“Pemanggilan itu bukan kriminalisasi, tapi diminta keterangan,” tandasnya.

Sementara dengan hadirnya surat pemanggilan kedua tokoh FPI hingga ada upaya penghadangan dari para laskar menunjukkan, bahwa ada orang yang sebenarnya merasa sangat ketakutan dengan dirinya sendiri.

“Masalahnya, orang yang dimintai keterangan ini merasa phobia dan ketakutan atas bayang-bayangnya sendiri,” pungkasnya.

Perlu diketahui, bahwa hari ini, tim dari Reskrimum Polda Metro Jaya mengantarkan surat pemanggilan terhadap Habib Rizieq Shihab dan Habib Muhammad Hanif Alatas.

Dalam surat pemanggilan itu, mereka diminta untuk hadir dalam agenda pendengaran keterangan saksi pada hari Selasa 1 November 2020.

Surat pemanggilan Habib Hanif tertuang dengan nomor surat S.Pgl/8766/XI/2020/Ditreskrimum. Sementara untuk surat pemanggilan terhadap Habib Rizieq tertuang dengan nomor surat S.Pgl/8767/XI/2020/Ditreskrimum. [RED]

Pos terkait