Merasa Tak Temukan Hadist Adzan “Hayya Alal Jihad”, Muhammadiyah Minta Polisi Bertindak

  • Whatsapp
Abdul Mu'ti
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti.

Inisiatifnews.com – Sekretaris Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, KH Abdul Mu’ti mengaku tak pernah menemukan hadist atau dalil yang membenarkan perubahan redaksional adzan yang dikumandangkan oleh beberapa kalangan pemuda yang mengaku sebagai Pecinta Habib Bahar (PHB).

Lafadz adzan yang mereka kumandangkan menyelipkan lafadz ‘hayya alal jihad‘. Bahkan video aksi adzan mereka ini sudah viral di media sosial.

Bacaan Lainnya

“Saya belum menemukan hadis yang menjadi dasar azan tersebut. Saya juga tidak tahu apa tujuan mengumandangkan azan dengan bacaan ‘hayya alal jihad’,” kata Abdul Mu’ti kepada wartawan, Senin (30/11/2020).

Oleh karena itu, Abdul Mu’ti pun meminta kepada aparat keamanan untuk menelusuri sejumlah video yang beredar di masyarakat ini. Termasuk juga kepada Kementerian Agama juga harus meneliti hal itu.

“Aparatur keamanan dapat melakukan penyelidikan dan memblokir supaya video azan tersebut tidak semakin beredar dan meresahkan masyarakat. Balitbang Kementerian Agama dapat segera meneliti,” ucapnya. []

Pos terkait