Sekalipun Ulama Kalau Tak Bisa Jaga Lisan, Risikonya Penjara

  • Whatsapp
Muannas Alaidid
Muannas Alaidid.

Inisiatifnews.com – Praktisi hukum, Habib Muannas Alaidid mengingatkan kepada para dai, ulama atau ustadz sekalipun, agar benar-benar menggunakan lisannya untuk berdakwah dengan baik dan benar, tidak untuk mengumbar kata-kata yang justru berisiko pidana terhadapnya.

Karena menurut Muannas, Indonesia adalah negara hukum, di mana setiap orang berstatus sama di mata hukum, sekalipun ia adalah orang-orang yang mengklaim diri sebagai ulama.

Bacaan Lainnya

“Bahwa di negeri tercinta kita Indonesia tidak bisa sekalipun anda menyandang predikat sebagai seorang ulama, bergamis pakai imamah tapi kalau tingkah lakunya, sikapnya, lisannya tidak bisa dijaga dengan baik, maka resikonya adalah penjara,” kata Muannas, Sabtu (5/12/2020).

Di sisi lain, CEO Cyber Indonesia ini berpandangan bahwa proses hukum terhadap Maaher At-Thuwailibi sejatinya bukan untuk dirinya sendiri.

Namun proses hukum terhadap pria pemilik nama asli Soni Eranata itu untuk memberikan peringatan kepada semua pihak termasuk para ulama agar tidak melanggar hukum.

“Proses hukum yang harus diterapkan terhadap seorang Maahee bukan hanya untuk dirinya, bukan hanya untuk kita, tapi hikmahnya berlaku kepada seluruh ulama,” tuturnya. [RED]

Pos terkait