Presiden Jokowi Diminta Segera Reshuffle Menteri Tak Bersih

  • Whatsapp
jerry massie
Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie. [foto : Istimews]

Inisiatifnews.com – Peneliti Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menyayangkan adanya 2 menteri di Kabinet Indonesia Maju yang ditangkap dan menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Setelah sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, hari ini Menteri Sosial Juliari Peter Batubara.

Bacaan Lainnya

Menurut Jerry, peristiwa ini justru mendegradasi pemerintahan Jokowi-Maruf.

“Kasus Mensos Juliari Batubara menambah daftar panjang menteri korupsi Jokowi,” kata Jerry Massie, Minggu (6/12/2020).

Dinilai Jerry pula, degradasi pemerintahan Kabinet Indonesia Maju ini juga lantaran Presiden Jokowi dinilai lamban dalam melakukan penataan ulang Menteri-menteri yang tidak kompatibel.

“Ini juga lambatnya Jokowi tak mau reshuffle kabinet. Menyingkirkan menteri yang tak bersih,” ujarnya.

Oleh karena itu, Ketua DPP Gerakan Indonesia Anti Korupsi (GIAK) ini pun berharap agar Presiden Jokowi tegas untuk melakukan kocok ulang kabinetnya, sehingga jabatan-jabatan strategis di Pemerintahan Pusat dapat diduduki oleh orang-orang yang mampu bekerja dan memiliki integritas yang baik.

“Jadi usai pilkada serentak, copot semua menteri yang tak jujur dan kotor. Jokowi pasti tahu itu siapa-siapa yang bersih itu bisa dilihat dari serapan anggaran serta penggunaan anggaran sesuai dengan peruntukan,” tuturnya.

Perlu diketahui bahwa tak sampai 30 hari KPK telah meringkus dua orang Menteri di Kabinet Indonesia Maju. Di mana sebelumnya yakni pada tanggal 25 November 2020 dini hari, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap oleh KPK di Bandara Internasional Soekarno – Hatta karena dugaan kasus dugaan tindak pidana gratifikasi terkait dengan perijinan tambang, usaha atau pengelolaan perikanan atau aktivitas perairan dan sejenisnya tahun 2020 di Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Dan terakhir ini, yakni pada hari Minggu (6/12) dini hari, KPK kembali menetapkan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara sebagai tersangka dalam kasus suap proyek pengadaan dan penyaluran Bantuan Sosial Covid-19.

Oleh karena itu, reshuffle kabinet ini juga dinilai Jerry akan menjadi upaya konkret Presiden menjaga kepercayaan publik terhadap pemerintahan pusat saat ini.

“Jadi reshuffle perlu segera dilakukan agar kepercayaan publik terhadap pemerintahan Jokowi tak menurun,” tandasnya. [NOE]

Pos terkait