LBH PA 212 Bakal Ngadu ke Komisi III Usai 6 Laskar FPI Meninggal Dunia

  • Whatsapp
aziz yanuar
Kuasa Hukum FPI, Aziz Yanuar.

Inisiatifnews.com – Tim advokasi dari Lembaga Bantuan Hukum Persaudaraan Alumni 212 (LBH PA212) berencana untuk medatangi Komisi III DPR RI. Upaya ini sebagai bentuk dari tindaklanjut pasca 6 orang Laskar Front Pembela Islam (FPI) meninggal dunia dalam insiden di Tol Jakarta-Cikampek pada hari Senin (7/12) dini hari lalu.

Saat dikonfirmasi tentang rencana itu, salah satu tim advokasi dari LBH PA212 yang juga advokat dari FPI, Azis Yanuar membenarkannya. Ia menyampaikan agenda kunjungannya itu akan dilakukan pada hari Kamis 10 November 2020 siang.

Bacaan Lainnya

“Jam 13.00 WIB,” kata Azis kepada Inisiatifnews.com, Rabu (9/12/2020) malam.

Berdasarkan surat yang dikirimkan LBH PA212 kepada Pimpinan dan Anggota Komisi II DPR RI pada hari Selasa 8 Desember 2020 kemarin, terdapat dua nama yakni Achmad Michdan dan Azis Yanuar sebagai tim advokasi PA 212. Dalam surat tersebut, mereka berdua menjelaskan tujuan dari usulan melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait dengan kasus meninggalnya 6 orang laskar FPI yang diduga dilakukan oleh oknum Polri.

“Sehubungan dengan peristiwa penembakan yang mengakibatkan meninggalnya 6 orang laskar FPI yang diduga dilakukan oleh sejumlah oknum Polri, maka dengan ini kami beserta sejumlah perwakilan dari organisasi masyarakat bermaksud meminta kesediaan Pimpinan dan Anggota Komisi III DPR RI dapat meluangkan waktu untuk dengar pendapat terkait kondisi korban dan upaya penegakan hukum atas peristiwa penembakan 6 orang Laskar FPI oleh Oknum Polri,” tulis dakam surat tersebut.

Langkah tim advokasi LBH PA 212 ini sejalan dengan sikap imam besar mereka yakni Habib Muhammad Rizieq bin Husein bin Shihab. Di mana tokoh Islam yang dikenal dengan Habib Rizieq Shihab (HRS) itu meminta semua pihak sabar dan mengedepankan proses hukum yang baik dan elegan.

“Maka itu, saya minta kepada seluruh rakyat dan bangsa Indonesia, tahan diri, sabar, kita hadapi dengan elegan, kita tempuh prosedur hukum yang ada, karena kalau prosedur hukum ini ditempuh dengan baik, insyaAllah semua akan terbongkar,” kata Habib Rizieq dalam rekaman suara yang tersebar di media sosial hari ini.

Dengan ketenangan ini, ia berharap agar siapapun yang terlibat baik eksekutor dan aktor intelektual dalam kasus tewasnya 6 laskarnya itu akan terungkap.

“Siapa yang melakukan pembantaian di lapangan sampai siapa yang menjadi otak yang mengatur ini semua akan terungkap,” jelasnya. []

Pos terkait