Munarman Sebut, Sampai Pukul 9 Malam Pertanyaan ke HRS Belum Masuk ke Substansi

  • Whatsapp
IMG 20201212
Munarman dan tim kuasa hukum Habib Rizieq memberikan keterangan pers tentang perkembangan pemeriksaan kliennya oleh tim penyidik Polda Metro Jaya, Sabtu 12 Desember 2020.

Inisiatifnews.com – Kuasa hukum Habib Muhammad Rizieq bin Husein bin Shihab, Munarman menjelaskan, bahwa sejak diperiksa siang hari sampai malam, tim penyidik dari Ditreskrimum Polda Metro Jaya belum masuk ke dalam tahapan substansi kasus yang disangkakan.

“Sampai dengan pukul 21.00 WIB, Habib Rizieq pertanyaannya masih seputar FPI, belum masuk ke substansi materi sangkaan, pasal-pasal yang disangkakan. Pertanyaannya masih seputar FPI soal bagaimana anggaran dasarnya dan sebagainya,” kata Munarman di depan Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (12/12/2020) malam.

Bacaan Lainnya

Ia menyebut bahwa proses pemeriksaan kliennya itu masih berlanjut malam ini.

“Jadi masih ada pertanyaan-pertanyaan lanjutan,” jelasnya.

Materi lanjutan dari pertanyaan-pertanyaan yang belum disampaikan oleh tim penyidik adalah tentang kasus menghasut seperti yang tertuang di dalam Pasal 160 KUHP, termasuk juga dengan Pasal 216 KUHP yang disangkakan. Begitu juga dengan UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

“Materi-materi inti masih kita tunggu, yakni Pasal 216 KUHP, 160 KUHP, UU Nomor 6 tahun 2028 tentang Kekarantinaan. Jadi pertanyaan lain-lain tadi hanya pertanyaan bunga-bunga saja,” ujar Munarman.

Hingga sampai saat ini ia juga belum mengetahui apakah Habib Rizieq akan ditahan oleh tim penyidik Polda Metro Jaya atau tidak, karena pihaknya belum masuk ke dalam substansi materi, apalagi surat perintah penahanan.

“Surat penahanan belum kita terima. Jadi itu nanti, bahkan saya saja dua jam ke depan mau ngomong apa belum tahu, jadi ini masih proses ya,” paparnya. [RED]

Pos terkait