Yusri Yunus Jelaskan Pemeriksaan Sobri dan Maman, Serta Kondisi Rizieq Terkini

  • Whatsapp
yusri yunus
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat melakukan konferensi pers di Ditreskrimsus Polda Metro Jaya pada hari Senin 14 Desember 2020. [foto : Istimewa]

Inisiatifnews.com – Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menyampaikan bahwa dua orang tersangka kasus kerumunan di Petamburan yakni Ahmad Sobri Lubis dan Maman Suryadi masih diperiksa oleh tim penyidik dari Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Yusri menyebut, bahwa keduanya hari ini menyerahkan diri setelah status tersangkanya dikeluarkan. Dan ketika sampai di Mapolda Metro Jaya pun, kedunya dilakukan penerapan protokol kesehatan awal seperti yang dilakukan sebelumnya terhadap Habib Rizieq dan tiga orang lainnya.

Bacaan Lainnya

“Hari ini, 2 orang yang sudah menyerahkan diri, sudah dilakukan protokol kesehatan dengan swab test antigen dan hasilnya negatif,” kata Yusri dalam konferensi persnya di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (14/12/2020).

Terhadap Sobri Lubis dan Maman Suryadi, sebetulnya tim penyidik sudah mengeluarkan surat perintah penangkapan. Namun karena keduanya sudah lebih dahulu menyerahkan diri, sehingga prosesnya saat ini adalah masih tahap pemeriksaan.

“Sudah dikeluarkan sprin (surat perintah) penangkapan, dan pemeriksaan masih berlanjut sampai saat ini,” jelasnya.

Sementara kepada tiga orang tersangka sebelumnya, yakni Ali Alwi Alatas, Habib Idrus dan Haris Ubaidilah telah dilakukan pemeriksaan. Namun karena ketiganya tidak dikenakan pasal dengan ancaman di atas lima tahun penjara, sehingga dipersilahkan untuk pulang.

“3 orang yang kemarin, sudah dilakukan pemeriksaan, dan sudah dipulangkan karena dikenai pasal 93 UU Karantina kesehatan, yang ancamannya 1 penjara jadi tidak dilakukan penahanan,” papar Yusri.

Di sisi lain, Yusri juga menyampaikan kabar bahwa Habib Rizieq dalam kondisi yang baik. Bahkan polisi selalu memastikan apapun yang dikonsumsi pendiri Front Pembela Islam (FPI) tersebut selalu terjaga keamanannya.

“Kondisi Rizieq sampai siang ini kondisinya sehat, kita tetap memantau kesehatannya, termasuk pengecekan security foodnya,” tutup polisi berpangkat melati tiga itu. []


Pos terkait