Sidang Gugatan Praperadilan Tim Habib Rizieq Dilakukan Maraton

  • Whatsapp
WhatsApp Image 2021 01 04 at 15.40.27
Muhammad Kamil Pasha mendampingi Hanafi Alamsyah saat memberikan keterangan pers usai menjalani persidangan gugatan praperadilan di PN Jakarta Selatan. [foto : Inisiatifnews.com]

Inisiatifnews.com – Hari ini, tim kuasa hukum Habib Rizieq Shihab usai menjalankan sidang gugatan pra peradilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Agenda persidangan hari ini adalah pembacaan permohonan dari pihak pemohon kepada termohon.

Sidang yang terdaftar dengan nomor registrasi 150/Pid.Pra/2020/PN.Jkt.Sel tersebut digelar sejak pukul 10.10 WIB dan berakhir pukul 15.32 WIB. Dipandu oleh hakim Ahmad Suyuti sebagai hakim tunggal dengan panitera Agustinus Endri.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan keterangan dari salah satu kuasa hukum Habib Rizieq, Muhammad Kamil Pasha, bahwa agenda selanjutnya adalah mendengarkan jawaban dari termohon.

“Hari Selasa (5/1) agendanya mendengarkan jawaban termohon,” kata Pasha kepada wartawan usai menjalani sidang di PN Jakarta Selatan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (4/1/2021).

Untuk agenda pada hari Selasa besok, sidang dijadwalkan dimulai pada pukul 13.00 WIB usai sholat Dzuhur.

Kemudian agenda setelahnya adalah menyerahkan bukti-bukti tertulis baik dari pihak pemohon maupun termohon. Keduanya menyerahkannya langsung kepada hakim PN Jaksel untuk kelepengkan materi persidangan. Dan agenda tersebut akan digelar pada hari Rabu 6 Desember 2020.

“Rabu agendanya menyerahkan bukti-bukti tertulis kedua belah pihak, baik pemohon maupun termohon,” jelasnya.

Selanjutnya, di dalam agenda sidang di hari berikutnya adalah mendengarkan kesaksian para saksi dan ahli dari pihak pemohon, sebagai upaya penguatan dalil permohonan gugatan praperadilan terhadap penetapan tersangka sekaligus penahanan Habib Rizieq Shihab oleh tim penyidik dari Direktorat Keamanan Negara (Ditkamneg) Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

“Hari Kamis agendanya mendengarkan keterangan saksi dan ahli dari pihak pemohon,” paparnya.

Dan agenda persidangan selanjutnya adalah mendengarkan keterangan para saksi dan ahli dari pihak termohon, dalam hal ini dari tim saksi dan ahli tim penyidik direktorat Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya sebagai termohon I, kemudian Kapolda Metro Jaya sebagai termohon II dan Kapolri sebagai termohon III.

“Jumat adalah mendengarkan saksi dan ahli dari termohon,” tandasnya.

Sebelumnya, Kamil Pasha juga menyebut bahwa gugatan praperadilan yang dilayangkan oleh tim advokat Habib Rizieq karena merasa keberatan dengan penahanan kliennya atas kasus kerumunan yang terjadi di Petamburan pada tanggal 14 November 2020 silam.

“Intinya, kami merasa keberatan dengan penahanan terhadap Habib,” kata Pasha. [NOE]


Pos terkait