Menko Polhukam Sebut Presiden Sudah Terima Hasil Investigasi Komnas HAM

  • Whatsapp
menko polhukam dan komnas ham
Menko Polhukam Mahfud MD mendampingi [ara komisioner Komnas HAM.

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud MD telah mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan langsung dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Dalam pertemuan itu, Komnas HAM melaporkan hasil kinerja dan investigasi terhadap kasus tewasnya 6 orang laskar pengawal Rizieq Shihab pada hari Senin 7 Desember 2020 lalu.

Bacaan Lainnya

“Saya menyampaikan informasi bahwa Presiden RI Pak Jokowi telah menerima semua komisioner Komnas HAM. Menyampaikan secara langsung kepada Presiden tentang hasil investigasi tewasnya 6 laskar yang mengawal Muhammad Rizieq Shihab tanggal 7 Desember 2020,” kata Mahfud MD dalam konferensi persnya di kantor Kemenko Polhukam, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2021).

Di hadapan awak media, Mahfud menerangkan bahwa Presiden sudah menerima secara langsung hasil laporan investigasi yang telah dilakukan oleh Komnas HAM tersebut.

“Tadi Presiden menerima langsung laporan hasil investigasi dan rekomendasi-rekomendasinya,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komisioner Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik menyampaikan, bahwa Presiden telah menerima secara langsung dokumen laporan tim Komnas HAM setebal lebih dari 106 halaman.

“Seluruh komisioner Komnas HAM berkunjung secara langsung dan diterima Bapak Presiden untuk menyampaikan laporan lengkap 106 halaman lebih dengan dokumen-dokumen tambahan termasuk barang-barang bukti yang melengkapi laporan kami,” jelas Taufan.

Bahkan ia menyampaikan jika Presiden sangat merima dengan baik dan mengapresiasi kinerja serta laporan dari Komnas HAM tersebut, sembari berjanji akan mempelajari dan menindaklanjutinya.

“Beliau menyampaikan apresiasi kinerja Komnas HAM dan hasil kesimpulan yang dibuat oleh Komnas HAM, dan akan memberikan arahan yang jelas ke Kapolri untuk menindaklanjuti proses hukum di peradilan pidana nantinya,” tandasnya. []


Pos terkait