Deklarasikan Komite PMH, Husin Shihab : Habib Muannas Buka Peradaban Baru dalam Praktisi Hukum

  • Whatsapp
WhatsApp Image 2021 02 26 at 22.52.43
Habib Muannas Alaidid dan Habib Husin Alwi Shihab.

Inisiatifnews.com – Ketua Cyber Indonesia, Habib Husin Alwi Shihab memberikan selamat atas dilahirkannya Komite Pemberantasan Mafia Hukum (PMH) oleh sahabatnya, yakni Habib Muannas Alaidid.

Bagi Husin, apa yang dicetuskan oleh Habib Muannas tersebut sebetulnya menjadi spektrum yang sangat dinantikan oleh masyarakat luas, khususnya mereka yang memiliki keterbatasan kemampuan untuk mengakses perkara hukum yang berkeadilan di tanah air.

Bacaan Lainnya

“Selamat kepada Al-Habib Muannas Alaidid yang baru mendeklarasikan Komite-PMH. Kita sepenuhnya mendukung gerakan ini. Ini adalah gerakan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat umum,” kata Husein dalam keterangannya kepada Inisiatifnews.com, Jumat (26/2/2021).

Terlebih lagi, Komite PMH ini ditujukan khusus bagi masyarakat kecil yang banyak ditemukan harus berseteru dengan para oknum mafia peradilan. Seluruh layanan perbantuan hukum yang dilakoni oleh Komite PMH juga tanpa dipungut biaya. Konteks inilah yang sangat diapresiasi oleh Husin.

“Bagi saya, apa yang dilakukan Habib Muannas adalah langkah nyata untuk berpihak pada yang lemah. Habib Muannas sudah melangkah lebih maju untuk membuka pintu peradaban baru dalam praktisi hukum,” ujarnya.

Di sisi lain, Husin juga memberikan penjelasannya, bahwa banyak ia jumpai masyarakat kecil yang terjebak dengan perkara hukum dan cenderung kalah saat berhadapan dengan oknum mafia di meja hijau, sehingga terkesan bahwa peradilan di Indonesia tidak menunjukkan sisi keadilannya.

“Dalam praktiknya, seringkali hukum memperlakukan masyarakat awam secara tidak adil, diserobot haknya, dirampas tanahnya dalam suatu peradilan karena tidak mengerti hukum. Dan banyak lagi mafia-mafia hukum peradilan yang tidak tersentuh oleh aparat,” sambungnya.

Husin menerangkan bahwa polemik yang terjadi di lapangan itu ternyata menjadi renungan tersendiri bagi Muannas Alaidid.

“Kegelisahan ini sudah lama dirasakan oleh beberapa teman kita termasuk Habib Muannas. Dan kegelisahan tersebut akhirnya mengkristal dan menjadi gerakan ini,” paparnya.

Husin yang ikut terlibat di dalam lembaga ini sebagai Wakil Direktur pun memohon dukungan dan doa dari semua pihak agar apa yang dicita-citakan Muannas bisa berjalan dengan lancar, baik dan tetap on the track.

“Kita memohon doa dan dukungannya dari masyarakat agar kami selalu konsisten dalam memberikan bantuan hukum pada yang lemah,” serunya.

Terakhir, Husin pun menyebut bahwa Komite PMH akan membuka hotline secara digital baik melalui sosial media maupun partal khusus untuk mempermudah masyarakat mengadukan persoalan hukum mereka.

“Dengan pengalaman yang sudah kita miliki di Cyber Indonesia, dapat kita manfaatkan teknologi digital tersebut sebagai modal kita melawan mafia hukum demi membantu mereka yang lemah,” pungkasnya. []

Pos terkait