Sidang Jumhur Hidayat Dilanjutkan, Agendanya Masih Pemeriksaan Saksi Fakta

  • Whatsapp
Suasana persidangan dengan terdakwa Jumhur Hidayat di PN Jakarta Selatan pada hari Kamis 18 Februari 2021. [foto : Inisiatifnews]

Jakarta, Inisiatifnews.com – Hari ini, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan kembali menggelar sidang lanjutan kasus ujaran kebencian dan berita bohong dengan terdakwa Jumhur Hidayat.

Disampaikan kuasa hukum petinggi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) tersebut, bahwa agenda persidangan hari ini adalah masih mendengarkan keterangan saksi fakta dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Bacaan Lainnya

“Agendanya masih saksi fakta dari Jaksa mas,” kata kuasa hukum Jumhur Hidayat, Oky Wiratama Siagian kepada Inisiatifnews.com melalui pesan instan, Kamis (18/3/2021).

Perlu diketahui, bahwa sidang terhadap Jumhur Hidayat yang digelar awal pekan kemarin, yakni hari Senin tanggal 15 Maret 2021, JPU menghadirkan 1 (satu) orang saksi fakta yang merupakan Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Ketenagakerjaan bernama Agatha Widianawati.

Dalam kesaksiannya, ia menyebut bahwa apa yang dikatakan Jumhur Hidayat tentang Omnibus Law UU Cipta Kerja bertujuan menjadikan Indonesia bangsa kuli dan terjajah, tidak benar adanya.

“Jadi tidak tepat, jadi tidak ada sedikitpun dari mulai rancangan undang-undang sebelum undang-undang disahkan itu tidak ada arah ke sana,” jawab Agatha saat ditanya oleh JPU di dalam persidangan.

Dalam perkara ini, Jumhur Hidayat dijerat dengan Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat (2) Undang-Undang ITE Jo Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 dengan ancaman pidana penjara maksimal selama 10 tahun. [NOE/RED]

Pos terkait