Mulai Jumat Besok, Sidang Habib Rizieq Digelar Offline

  • Whatsapp
Screenshot 2021 03 23 21 19 09 48
Habib Rizieq.

Inisiatifnews.com – Setelah tiga kali agenda persidangan digelar, akhirnya majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) mengabulkan permohonan Habib Rizieq Shihab dan kuasa hukumnya agar persidangan digelar secara langsung di ruang sidang, bukan lagi online seperti yang telah berlalu.

“Memperhatikan Pasal 152 ayat 2 dan pasal 153 ayat 2 huruf a KUHP, tetapkan ; satu, mengabulkan penetapan permohonan pemohon. Dua mencabut kembali penetapan Nomor 221 Pidsus / 2021 / PN Jaktim tentang penetapan sidang online,” kata hakim ketua PN Jakarta Timur, Suparman Nyompa, Selasa (23/3/2021).

Bacaan Lainnya

Atas dicabutnya penetapan sidang secara online ini, majelis hakim pun memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menghadirkan terdakwa di ruang persidangan.

“Memerintahkan penuntut umum menghadirkan terdakwa di dalam ruang persidangan pada setiap hari sidang,” tegasnya.

Namun, jika seandainya apa yang dimohonkan oleh terdakwa ini dilanggar, maka majelis hakim akan mempertimbangkan kali surat ketetapan yang telah dibuatnya pada hari ini.

“Apabila pemohon melanggar pernyataan surat jaminan yang telah dibuat, maka penetapan ini akan ditinjau kembali,” terangnya.

Perubahan sidang online menjadi online tidak hanya di dalam kasus dengan lokus Petamburan saja, bahkan untuk lokus Megamendung dan Rumah Sakit Ummi Bogor juga dikabulkan majelis hakim agar digelar secara offline.

Perlu diketahui, bahwa Habib Rizieq menegaskan jika dirinya selalu meminta kebijaksanaan majelis hakim PN Jakarta Timur agar persidangan yang dijalaninya digelar secara offline, di mana dirinya bisa dihadirkan secara langsung di ruang sidang PN Jakarta Timur. [NOE]

Pos terkait