Kuasa Hukum Sugi Nur Minta Hakim Vonis Kliennya Bebas

  • Whatsapp
sugi nur
Sugi Nur Raharja.

Inisiatifnews.com – Ketua Tim Kuasa Hukum Sugi Nur Raharja alias Gus Nur, Ahmad Khozinudin menilai bahwa seluruh dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) terhadap kliennya sudah tidak bisa dipertahankan lagi. Hal ini lantaran sudah gugurnya saksi yang bisa memberatkan dakwaan tersebut.

“Karena kewenangan menuntut Jaksa gugur disebabkan tidak dihadirkannya saksi, saudara Yaqut Cholil Qoumas dan saudara Said Aqil Siradj tidak dihadirkan di persidangan,” kata Khozinudin dalam konferensi pers pembacaan pledoi secara online langsung dari Hotel Sofyan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (28/3/2021).

Bacaan Lainnya

Dengan demikian, praktisi hukum dari LBH Pelita Umat itu menyebut, pasal yang dijadikan bahan pemberatan tidak terpenuhi.

“Gus Nur tidak terbukti secara sah dan meyakinkan, telah melakukan perbuatan yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (3) Jo pasal 45A ayat (3) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik,” jelasnya.

Oleh karena itu, Khozinudin meminta agar majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan bisa memutuskan bebas terhadap kliennya itu.

“Membebaskan terdakwa Gus Nur atau setidak-tidaknya melepaskan terdakwa dari seluruh tuntutan,” harapnya.

Selain memutuskan bebas, Khozinudin juga mengharapkan majelis hakim PN Jakarta Selatan memerintahkan JPU untuk mengembalikan seluruh barang yang disita dalam perkara ini.

“Menetapkan seluruh barang bukti yang disita dari terdakwa Gus Nur dikembalikan kepada terdakwa,” pungkasnya.

Pos terkait