Hakim Tolak Eksepsi Habib Rizieq dan Anak Buahnya

  • Whatsapp
Habib Rizieq
Habib Rizieq saat menghadiri sidang pembacaan putusan sela oleh majelis hakim PN Jakarta Timur.

Inisiatifnews.com – Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur hari ini telah membacakan putusan sela terhadap surat dakwaan jaksa penuntut umum (JPU), nota keberatan atau eksepsi terdakwa dan penasehat hukum serta nota tanggapan dari penuntut umum.

Ketua majelis hakim, Suparman Nyompa menyebutkan, bahwa seluruh eksepsi Habib Rizieq dan penasehat hukumnya ditolak.

Bacaan Lainnya

“Mengadili, eksepsi terdakwa dan penasehat hukum tidak diterima,” kata hakim Suparman , Selasa (6/4/2021).

Karena eksepsi tersebut ditolak, maka perkara yang menjerat terdakwa tetap dilanjutkan. Kemudian majelis hakim meminta agar Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan seluruh saksi-saksi dan barang bukti.

“Menetapkan pemeriksaan perkara nomor 221 atasnama terdakwa Muhammad Rizieq bin Husein bin Shihab untuk dilanjutkan,” ujarnya.

“Memerintahkan penuntut umum untuk menghadirkan para saksi dan barang bukti ke persidangan,” imbuhnya.

Walaupun putusan sela telah dibacakan, hakim Suparman memberikan kesempatan kepada terdakwa dan para penasehat hukumnya untuk mengajukan keberatan. Namun bisa disampaikan usai seluruh rangkaian persidangan selesai.

Selain perkara 221 dengan lokus perkara di Petamburan, majelis hakim PN Jakarta Timur juga mengadili beberapa perkara yang berkaitan dengan Habib Rizieq dan para eks petinggi FPI.

Antara lain, perkara nomor 226 dengan lokus Megamendung dengan terdakwa Habib Rizieq. Kemudian perkara nomor 221 dengan lokus di Petamburan dengan terdakwa lima orang, yakni ; Maman Suryadi, Ahmad Sobri Lubis, Ali Alwi Alatas, Haris Ubaidillah dan Idrus Alhabsy. Dan seluruh perkara tersebut, eksepsi mereka juga ditolak oleh majelis hakim PN Jakarta Timur.

Rencananya, sidang tersebut akan dilanjutkan pada hari Senin 12 April 2021 pukul 09.00 WIB dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi fakta dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Pos terkait