Kasus Akun Twitter Rachland Nashidik Sasar Telkomsel

  • Whatsapp
rachland nashidik
Rachland Nashidik.

Inisiatifnews.com – Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon mengatakan bahwa kasus yang menimpa akun Twitter Rachland Nashidik bukanlah suspensi, melainkan murni peretasan.

Hal ini dikatakan Jansen karena sejak kasus peretasan tersebut terjadi, Rachland menghubungi banyak kolega di Partai Demokrat, salah satunya adalah dirinya.

Bacaan Lainnya

“Saya yg ikut mengetahui sejak awal, karena bersama teman lain pasca kejadian langsung dikabari memilih langsung mengunci akun saya dari 2 malam lalu, sampai hari ini baru saya buka dan pakai lagi. Untuk membenahi pengaturan keamanannya dulu,” kata Jansen, Selasa (10/8/2021).

Ia mengaku bahwa sistem keamanan yang dipakai di akun Twitternya sama dengan apa yang dipakai oleh Rachland. Di mana verifikasi keamanan dikirimkan ke nomor provide pengguna.

“Kebetulan jenis keamanan yang saya pilih sama dengan RN. Dimana kode Autentikasi 2 faktornya dikirim via SMS ke nomor HP yang kita daftar ke Twitter,” ujarnya.

Kemudian, Jansen juga mengatakan bahwa beberapa kolega Rachland di Partai Demokrat sudah melakukan koordinasi untuk melakukan upaya lanjutan. Dan kali ini, sasaran tembaknya adalah provider yang kebetulan dipakai oleh Rachland, yakni Telkomsel.

“Setelah 2 hari ini kronologis selesai disusun bersama bukti-buktinya dan dibahas dijajaran pengurus, maka kami Partai Demokrat secara resmi akan mengajukan persoalan dugaan “bobolnya” nomor GSM Wakil Ketua Dewan Pertimbangan kami Rachland Nashidik ini, ke provider yang dipakainya,” jelas Jansen.

Sebelumnya, Rachland melalui akun Twitter barunya menyampaikan kronologis kasus pembobolan akun Twitternya. Ia menyebut, bahwa peretas menggunakan pola lupa password untuk mengambilalih akses akunnya. Kode autentikasi perubahan password sempat masuk ke nomor ponsel pribadinya.

“Pembajak kelihatannya menggunakan mekanisme “lupa password” untuk mengambil alih akun saya. Itu sebabnya ada sms masuk dari Twitter berisi kode reset password ke nomor GSM saya,” kata Rachland di akun @RachlandNash, Senin (9/8).

Ia menduga kuat ada peran dari perusahaan provider plat merah tersebut dalam kasus pembobolan akun Twitternya itu.

“Tapi jika benar, bagaimana pembajak mengetahui kode reset itu? Apakah Telkomsel bocorkan isi sms saya?,” sambungnya.

Pos terkait