Dapat Perlakuan Hukum Ugal-ugalan, Kuasa hukum HRS Bakal Ngadu ke KY dan MA

  • Whatsapp
aziz yanuar
Kuasa hukum Habib Rizieq Shihab, Aziz Yanuar.

Inisiatifnews.com – Kuasa hukum Habib Muhammad Rizieq Shihab (HRS), Aziz Yanuar mengatakan, bahwa pihaknya sudah mencium gelagat hukum bahwa kliennya itu tidak akan mudah dibebaskan begitu saja.

“Jadi kami dan juga Habib Rizieq sudah mengetahui, bahwa apapun yang terjadi ya pasti Habib Rizieq tidak akan dibebaskan,” kata Aziz Yanuar dalam konferensi persnya di bilangan Matraman, Jakarta Timur, Kamis (12/8/2021).

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Aziz karena seharsunya, masa penahanan Habib Rizieq Shihab dalam perkara Nomor 221/Pid.Sus/2021/PN Jkt Tim Jo Nomor: 171/Pid.Sus/2021/PT DKI akan berakhir pada tanggal 25 Agustus 2021, sedangkan putusan Majelis Hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta atas perkara tersebut menguatkan dengan hukuman 8 (delapan) bulan dan masa penahanan berdasarkan putusan tersebut berakhir pada tanggal 8 Agustus 2021.

Bagi Aziz, proses hukum yang saat ini tengah melanda Habib Rizieq cenderung ugal-ugalan. Walaupun dikatakan, proses hukum yang dianggap pihaknya tidak mencerminkan keadilan pun tak membuatnya heran sama sekali.

“Tetapi yang membuat kita kaget adalah cara-caranya ini dilakukan dengan cara-cara ugal-ugalan dan serampangan,” ujarnya.

Kemudian, Aziz juga sudah melayangkan surat yang bertujuan untuk mengingatkan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta bahwa masa penahanan Habib Rizieq sudah berakhir, sehingga perlu untuk dilakukan pembebasan.

“Pada tanggal 4 Agustus 2021 kami sudah mengirimkan surat ke pengadilan tinggi DKI Jakarta mengingatkan bahwa sesuai dengan putusan vonis Pengadilan tinggi pada banding kasus Petamburan dan kasus Megamendung, maka Habib Rizieq sudah habis 8 bulan itu pada hari Minggu kemarin sudah berakhir,” terangnya.

Oleh karena itu, Aziz bersama dengan para lawyer yang mendampingi Habib Rizieq akan mengadukan proses peradilan ini ke Komisi Yuidisial Republik Indonesia.

“Kami akan protes keras ini ada pelanggaran administrasi, kami akan adukan ini Komisi Yudisial (KY), kami akan protes ini kemudian juga kita akan kirimkan surat hari ini berangsur-angsur berturut-turut hingga Senin,” papar Aziz.

Selain ke KY, tim kuasa hukum Habib Rizieq juga akan melayangkan surat ke Mahkamah Agung agar persoalan ini bisa ditindaklanjuti secara yuridis.

Insya Allah kita akan kirimkan juga (surat protes) ke Ketua Mahkamah Agung, badan pengawas Mahkamah Agung. Kemudian juga enggak Kami juga akan kirim surat ke Komisi III ke Komnas HAM. Tadi kita juga akan kirimkan ke beberapa instansi yang memang kita rasa perlu nanti kita surati,” pungkasnya.

Pos terkait