Penahanan Syahganda Diperpanjang, Ketum PPMI 98 : Hukum Indonesia Makin Mudah Dipesan

  • Whatsapp
Abdul Hakim Abdallah
Ketua Umum PPMI 98, Abdul Hakim Abdallah.

Inisiatifnews.com – Ketua Umum Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia 98 (PPMI 98) Abdul Hakim Abdallah merasa heran dengan perpanjangan masa tahanan terhadap aktivis senior Syahganda Nainggolan.

Hal ini karena surat perpanjangan masa penahanan tersebut tidak disampaikan terlebih dahulu kepada pihak Syahganda. Sehingga ia menduga ada sesuatu yang tidak beres dalam proses peradilan itu.

Bacaan Lainnya

“Kami tidak pernah diberitahu, kami tidak pernah diberikan suratnya terkait perpanjangan masa penahanan Syahganda Nainggolan. Tiba-tiba masa penahanannya sudah diperpanjang,” kata Hakim di Jakarta, Kamis (12/8/2021).

Hakim mengungkapkan, dirinya bersama para kuasa hukum Syahganda Nainggolan merasa janggal atas surat dari Mahkamah Agung yang berisikan tentang perpanjangan masa tahanan Syahganda Nainggolan. Pasalnya, surat tersebut hanya berupa salinan dan tanpa tandatangan dari ketua Mahkamah Agung.

“Surat itu hanya salinan, tidak ada tanda tangan ketua Mahkamah Agung hanya salinan dan dikirimnya tiba-tiba pada malam hari hanya melalui pesan WhatsApp bukan sebagai surat resmi,” terangnya.

Bahkan, lanjut Hakim, surat itu hanya dikirim oleh tim Jaksa Penuntut Umum bukan resmi oleh pihak Mahkamah Agung, informasi ini diketahui dari penasehat hukum (PH) Syahganda Nainggolan.

“Proses hukumnya seperti main-main dan sangat menyepelekan hak orang lain dalam memperoleh haknya untuk kebebasan. Hukum kita makin bisa mudah untuk dipesan oleh pihak berkepentingan,” cetusnya.

Untuk itu, masih menurut Hakim, dirinya meminta kepada pihak Mahkamah Agung untuk segera membatalkan surat perpanjangan masa penahanan tersebut dan segera membebaskan Syahganda Nainggolan, karena proses hukum yang sesuai prosedur telah dijalani.

“Batalkan surat tersebut, Syahganda telah menjalani kewajibannya sebagai warga negara yang sedang berproses hukum. Bebaskan segera Syahganda Nainggolan,” pungkasnya.

Pos terkait