Pakai Isu Palestina, Yayasan Syam Organizer Galang Modal Terorisme

  • Whatsapp
ahmad ramadhan
Kaban Penum DivHumas Mabes Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan.

Inisiatifnews.com – Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, bahwa berdasarkan hasil penangkapan 48 teroris di 11 wilayah di Indonesia, didapati bahwa ada ruang gerak yang tidak benar dari Yayasan Amal Syam Abadi atau Yayasan Syam Organizer.

Pasalnya, yayasan tersebut kedapatan memanfaatkan isu Palestina untuk menggalang dana operasional mereka di Indonesia. Apalagi isu ini dianggap cukup sensitif bagi masyarakat Indonesia, khususnya kalangan Islam.

Bacaan Lainnya

Temuan aktifitas Yayasan Syam Organizer ini setelah mengamankan pimpinan Yayasan Syam Organizer yang terbukti telah melakukan tindakan penggalangan dana untuk kegiatan terorisme.

“Telah dilakukan penggeledahan (kantor Syam Organizer) guna menemukan dan mengamankan barang bukti yang mendukung pembuktian keterlibatan saudara F dalam jaringan kelompok teror Jamaah Islamiyah (JI),” kata Ahmad, Senin (16/8).

Yayasan Syam Organizer ini terindikasi terafiliasi dengan kelompok terorisme Jamaah Islamiyah (JI). Yayasan Syam Organizer ini bergerak dalam penggalangan dana untuk kegiatan terorisme.

Untuk pengalangan dana di masyarakat, Ahmad beberkan bahwa mereka bergerak dengan cara sebarkan celengan ke masyarakat. Isu untuk bantuan Palestina menjadi bumbu yang mereka gunakan untuk luluhkan masyarakat berikan sumbangan.

“Mengedarkan celengan-celengan kotak amal ke masyarakat, mengedarkan kotak-kotak amal ke masyarakat. Bentuk penggalangan dana Syam Organizer (SO). Yang pertama ‘water for some’ dengan cara dropping air bersih ke Palestina dan memiliki 3 sumur air di Suriah. Kemudian ‘save children out some’ di Suriah dan Palestina, kemudian ‘winter aid project’ memberikan kayu bakar, jaket, dan membangun rumah-rumah di Suriah. Kemudian Qurban Peduli Syam, Ramadhan Peduli Syam, Syam Bread Factory, kemudian emergency release, kemudian Syam Productive Assistance,” paparnya.

Selain itu mereka gunakan cara cara lain dengan pendekatan islami demi meraih simpati masyarakat

“Mengadakan tabungan qurban. Menyelenggarakan tabligh akbar dengan berkoordinasi dengan takbir masjid, mengundang ustaz-ustaz. Melakukan penggalangan dana baik langsung kepada jamaah yang hadir ataupun dengan menyebarkan nomor rekening Syam Organizer ke jamaah,” jelasnya.

F, ketua Yayasan Syam ini pun menurut Ahmad adalah salah orang yang pernah berangkat ke Suriah untuk pendistribusian dana yang telah mereka kumpulkan semenjak 2013 lalu.

Syam Organizer daerah menyetorkan dana ke bendahara pusat Syam Organizer pusat atas nama DS yang juga telah ditangkap. Kemudian dibagi menjadi 2 bagian. Bagian yang pertama untuk organisasi JI, dimasukkan ke dalam brankas yang telah disita di kantor pusat Yogyakarta, dan sebagian untuk operasional disimpan dalam rekening Syam Organizer

“Melalui gaji pengurus syam organizer yang merupakan anggota JI dengan cara memotong dari gaji anggotanya dan juga anggota ketua untuk dimasukkan atau disetorkan ke Jamaah Islamiyah,” imbuhnya.

Kantor Syam Organizer di daerah Bandung pun diketahui menyediakan semua logistik kebutuhan penggalangan dana yayasan Syam Organizer yang nantinya akan dikirim ke daerah-daerah. Adapun logistik yang dikirim berupa majalah, katalog, panduan SO, dan lain-lain.

Pos terkait