Kapolri Minta Polisi Nakal Dipidanakan

  • Whatsapp
listyo
Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Inisiatifnews.com – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meminta agar seluruh jajaran Polri tertib terhadap aturan yang ada. Jika ada yang coba-coba berani melanggar, ia meminta agar oknum polisi tersebut diproses sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

“Jangan ragu, pecat sampai pidanakan anggota pelanggar, nggak pakai lama,” kata Kapolri dalam video conference yang dilakukan dari Pusdalsis Mabes Polri, Selasa (19/10).

Bacaan Lainnya

Ini disampaikan Kapolri agar citra institusi tidak dicoreng oleh oknum perwira yang justru melanggar aturan.

“Hari ini saya menginstruksikan secara tegas kepada seluruh jajaran melalui video conference untuk memberikan tindakan tegas kepada oknum anggota Polri yang melanggar aturan saat menjalankan tugas,” tegasnya.

Bahkan Kapolri juga meminta agar seluruh pimpinan Polri di semua level bisa menertibkan anggotanya di bawah, memastikan semua perwira polri tertib dan taat aturan. Namun jika tidak mampu, Kapolri tegaskan dirinya akan mengambil alih yang berujung sanksi lebih tegas terhadap pimpinan termasuk oknum perwira yang nakal.

“Kapolres harus menegur anggotanya di level Polsek. Begitu juga dengan Kapolda harus melakukan langkah-langkah tegas terhadap anggota-anggota di bawahnya. Kalau nggak mampu, saya ambil alih,” tegasnya lagi.

Sikap tegas Kapolri ini disampaikan demi menjaga marwah korps Bhayangkara tetap baik khususnya di mata masyarakat. Apalagi banyak sekali anggota polisi yang sudah bekerja sangat baik dan selalu menjaga marwah organisasi. Namun malah terdampak buruk dari tindakan perwira yang melakukan kesalahan tersebut.

“Saya tidak mau ke depan masih terjadi hal-hal seperti ini dan kita tidak mampu melakukan tindakan tegas. Karena kasihan anggota kita yang sudah bekerja keras, capek, yang selama ini berusaha berbuat baik karena menjaga organisasi, terus kemudian hancur gara-gara hal-hal seperti ini,” tuturnya.

Pun demikian, polisi berbintang empat itu tetap mengapresiasi seluruh kinerja jajarannya Polri yang sudah bertugas sesuai dengan aturan dan standar operasional prosedur (SOP) yang ada.

“Saya apresiasi terhadap kerja keras seluruh anggota, tetap semangat, yakin bahwa apa yang anda lakukan di lapangan benar sesuai SOP,” pungkasnya.

Pos terkait