KPMH Apresiasi Hakim PN Tanjung Balai Karimun Tetapkan Vrijspraak

  • Whatsapp
Husin Shihab
Habib Husin Alwi Shihab.

Inisiatifnews.com – Sekretaris Jenderal Komite Pemberantasan Mafia Hukum (KPMH) Habib Husin Alwi Shihab menyampaikan apresiasi terhadap majelis hakim Pengadilan Negeri Tanjung Balai Karimun yang telah menetapkan keputusan Vrijspraak alias putusan bebas murni terhadap 3 (tiga) terdakwa kasus UU ITE.

“Saya mengucapkan syukur dan terima kasih atas putusan bebas (Vrijspraak) kasus ITE di Batam,” kata Habib Husin, Jumat (5/11).

Bacaan Lainnya

Ia menilai, bahwa putusan majelis hakim yang dipimpin oleh Yang Mulia hakim Medi Rapi Batara Randa adalah putusan yang sangat tepat. Apalagi dalam perspektifnya, 3 terdakwa tersebut sebetulnya tidak bersalah.

“Khususnya kepada Yang Mulia Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tanjung Balai Karimun yang objektif karena membebaskan 3 terdakwa yang dipenjara karena tidak bersalah,” ujarnya.

Tiga terdakwa tersebut adalah Vincent Lim Ayong Lim dan Hendro NG. Mereka didakwa melanggar hukum karena mendistribusikan berita dari media presmedia.id yang memuat tentang kasus dugaan pembunuhan berencana oleh Dwi Untung alias Cung Heng terhadap Taslim alias Cikok.

Merasa dirugikan baik materil maupun immateril, Cung Heng yang merupakan Ketua Apindo Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau itu mempidanakan ketiganya ke Polda Kepulauan Riau dengan kasus pelanggaran terhadap Pasal 27 ayat (3) juncto Pasal 45 ayat (3) UU Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik (ITE) dan Pasal 310 (1) KUHP.

Pos terkait