Aziz Yanuar Klaim Habib Rizieq Tak Layak Dipenjara di Kasus RS UMMI

  • Whatsapp
Aziz Yanuar
Kuasa hukum Habib Muhammad Rizieq Shihab, Aziz Yanuar. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews.com – Tim penasehat hukum Habib Muhammad Rizieq bin Husein Shihab, Aziz Yanuar Prihatin menyatakan bakal melayangkan permohonan peninjauan kembali (PK) terhadap vonis 2 tahun yang dijatuhkan oleh Mahkamah Agung (MA) terhadap kliennya itu.

“Mengajukan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung RI karena IB HRS (Imam Besar Habib Rizieq Shihab -red) dalam kasus RS UMMI tidak layak dipenjara walau sehari,” kata Aziz dalam siaran persnya, Senin (15/11).

Bacaan Lainnya

Alasan mengapa kliennya itu tidak pantas dipenjara, karena di dalam kasus RS UMMI, hany persoalan protokol kesehatan, dan tidak ada dampak yang membahayakan orang lain di dalam perkara tersebut.

“Sebab hanya kasus prokes dan itu pun hanya ucapan ‘baik baik saja’,” ujarnya.

Dengan demikian, Aziz menilai seharusnya amar putusan MA bukan menjatuhkan vonis 2 tahun penjara, melainkan bebas murni.

Hal ini dikatakan Aziz merujuk pada amar putusan MA, bahwa di dalam kasus RS UMMI yang menyeret Habib Rizieq sebagai terdakwa tidak menimbulkan keonaran sesuai dengan UU Nomor 1 Tahun 1946. Kegaduhan di tengah kasus tersebut hanya terjadi di media sosial semata.

“Semestinya majelis hakim kasasi menggunakan tafsir resmi keonaran dalam UU Nomor 1 Tahun 1946 tersebut yang sudah tercantum dalam penjelasannya, sehingga sayogyanya IB HRS dibebaskan,” tandasnya.

Pos terkait