Presiden Filipina “Ajak” Rakyatnya Tembak Pejabat Korup

  • Whatsapp
Duterte on fire

Inisiatifnews – Ngeri. Di Filipina, Presidennya nyuruh rakyat menembak pejabat publik yang ketahuan korupsi. Bagaimana jika itu terjadi di Indonesia. Bisa jadi setiap hari terjadi penembakan pejabat.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte “memerintahkan” kepada rakyatnya untuk tak segan menembak pejabat publik yang ketahuan menerima suap atau pungutan liar.

Bacaan Lainnya

Duterte malah menjanjikan kekebalan hukum bagi rakyat Filipina yang nembak pejabat korup itu. Asal, pejabat yang ditembak tidak mati.

Perintah fenomenal Duterte tak hanya menembak, rakyat Filipina diimbau juga memukul pejabat korup.

“Kalau Anda membayar pajak atau ingin mendapatkan sertifikat, dan ada pejabat meminta suap, pukul mereka. Jika Anda memiliki senjata, Anda boleh menembaknya,” ujar Duterte yang sering ngomong apa adanya, seperti dilansir Russia Today, akhir pekan lalu.

“Tetapi jangan membunuh. Jangan sampai mati. Sebab selama proses persidangan Anda mungkin tidak menerima pengampunan,” imbaunya.

Rakyat yang menembak atau memukul pejabat publik korup, ditegaskan Duterte, tak akan dipenjara.

Seperti diketahui, Presiden Filipina ini menyita perhatian dunia internasional atas kebijakannya menghabisi peredaran narkoba di negaranya. Duterte kerap dikritik PBB dan kelompok-kelompok HAM internasional. Tercatat, pada Januari 2019, lebih kurang 5.000 orang tewas dalam kebijakan perang anti narkoba yang dilancarkan Duterte. (INI)

Pos terkait