xi jingping
Presiden China, XI Jingping. [foto : CCTV]

Inisiatifnews.com – Presiden China Xi Jinping mendadak melakukan pertemuan dengan elite Partai Komunis China saat Tahun Baru Imlek ini.

Di dalam pertemuan tersebut, mereka membahas persoalan yang dianggapnya sangat serius yakni tentang wabah virus corona yang melanda negaranya.

Setidaknya ada lebih dari 1.200 orang dan 41 orang tewas karena terinfeksi virus corona. Pemerintah China didesak untuk segera menyelesaikan penyebaran virus corona.

“Ini situasi serius di mana virus corona mempercepat penyebarannya,” kata Xi dalam keterangannya dikutip dari Indiatimes.

Seperti yang dilansir dari Associated Press pada hari Minggu (26/1/2020) disampaikan, bahkan di kota Wuhan saja, masyarakatnya dilarang untuk keluar menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil maupun motor.

Namun demikian, setidaknya ada 6.000 taksi khusus yang disediakan untuk membantu masyarakat beraktifitas dan berkeliling jika dibutuhkan.

Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, mengatakan bahwa pihaknya tengah meningkatkan status keadaan darurat di wilayahnya. Bahkan ia sampai menutup sementara sekolah selama dua minggu ke depan. Penerbangan pesawat dan kereta api dari Wuhan dilarang masuk.

Tahun baru Imlek 2020 telah sepi dari perayaan di China karena wabah ini. Pemerintah China membatalkan sejumlah acara dan menutup tempat wisata.

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia