virus corona
Source image : Chinatimes.

Inisiatifnews.com – Wabah virus Corona tengah menjadi momok tersendiri bagi masyarakat China. Pasalnya, virus yang menyerang sistem pernafasan manusia yakni paru-paru tersebut dianggap memiliki efek mematikan.

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh ChinaTimes, Minggu (26/1/2020) bahwa setidaknya ada 3 orang dokter yang dinyatakan terjangkit virus tersebut. Kabar ini dibenarkan oleh pihak Komisi Kesehatan Kota Beijing, bahwa tiga dokter mereka positif mengidap pneumonia Wuhan.

Dua dari mereka terjangkit setelah melakukan perjalanan ke Kota Wuhan untuk kepentingan bisnis, dan satu orang lainnya terinfeksi dengan pertemuan dengan salah satu dokter yang memang terinfeksi virus tersebut.

Saat ini, ketiga dokter yang divonis mengidap virus Corona tengah menjalani perawatan intensif dengan dilakukan isolasi sampai kondisinya stabil.

Virus Corona ini berasal dari China. Penyebarannya yang cukup cepat dan masif ini membuat beberapa negara melakukan proteksi dini agar virus tersebut tidak mewabah di wilayah negaranya.

Salah satunya adalah Indonesia. Melalui Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, pemerintah Indonesia telah menetapkan status siaga satu terhadap penyebaran virus yang dikenal dengan istilah 2019-nCov itu. Bahkan untuk melakukan antisipasi penyebarannya, pemerintah sudah menyiagakan sekitar 135 alat pemindai suhu tubuh atau thermo scanner di 135 pintu masuk Indonesia baik melalui darat, laut maupun udara.

Dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Diah Handayani menjelaskan bahwa 2019-nCoV adalah virus yang menyerang sistem pernafasan manusia.

Deteksi gejala virus Corona

Corona Virus ini dianggap sebagai salah satu wabah penyakit yang membahayakan. Kondisi penderita penyakit ini akan mengalami gangguan saluran pernafasan seperti flu. Namun bedanya dengan flu atau influenza biasa, pengidapnya akan mengalami pneumonia di mana bakteri, virus, jamur atau benda asing yang masuk ke saluran atau parenkim paru

Virus tersebut akan membuat paru-paru mengalami peradangan karena infeksi hingga sampai ke organ terkecil paru bagian bawah. Bahkan di China, setidaknya ada 41 orang dinyatakan tewas karena mengidap penyakit tersebut.

Saran dari Menteri Kesehatan Terawan kepada masyarakat Indonesia adalah dengan menjaga dan menerapkan pola hidup sehat serta menjaga daya tahan tubuh untuk meminimalisir potensi terinfeksi virus corona. Karena virus tersebut lebih rentan menjangkit manusia yang memiliki daya tahan tubuh rentan.

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia