Amerika Pakai Chloroquine Obati Penderita Covid-19

  • Whatsapp
trump
Presiden USA, Donald Trump.

Inisiatifnews.com – Presiden Amerika Serikat Donald John Trump menyatakan, bahwa Food and Drug Administration (FDA) sudah menyetujui bahwa chloroquine untuk menjadi obat bagi para penderita Covid-19.

“Kita akan membuat obat itu segera tersedia, FDA telah memproses dan telah disetujui untuk segera mengedarkan obat itu beberapa bulan ke depan,” kata Donald Trump dalam konferensi pers, Jamat (19/3/2020).

Bacaan Lainnya

Ia menambahakan, bahwa melalui persetujuan FDA maka obat akan segera tersedia dan bisa didapatkan melalui resep dokter atau anjuran pemerintah.

Chloroquine atau hydrochloroquine adalah obat yang biasa digunakan untuk penderita malaria. Menurut Trump, dengan menggunakan obat yang pernah digunakan maka risiko mematikan akan lebih kecil.

“Chloroquine biasa digunakan untuk obat malaria dan juga arthitis yang parah,” ujarnya.

Trump mengatakan bahwa Chloroquine adalah obat untuk para pengidap malaria dan sudah terbukti ampuh untuk itu. Maka dari itu otoritasnya menggunakan obat tersebut sebagai resep dokter bagi penderita Covid-19 dan ia meyakini obat tersebut ampuh.

“Obat ini memang lebih dikenal dengan obat malaria, sudah digunakan sejak lama dan sangat manjur. Bagusnya, chloroquine sudah cukup lama digunakan jadi kita tahu kalau obat ini enggak akan membunuh seseorang,” imbuhnya.

Donald Trump menegaskan, bahwa dengan menggunakan chloroquine maka tidak diperlukan percobaan panjang karena sudah teruji pada malaria. Apalagi saat ini situasinya pun terbilang darurat.

“Ketika menggunakan obat baru, kita enggak akan tahu apa yang akan terjadi, kita harus melihat dan mengalami berbagai tes panjang,” ujarnya.

“Tapi karena sudah dipakai dalam bentuk lain dan sangat manjur, pokoknya obat ini manjur serta memperlihatkan hasil awal yang sangat menggembirakan dan kita dapat segera membuat obat itu tersedia,” tambah Presiden AS ke-45 itu.

Persetujuan FDA cukup cepat, karena pada satu hari sebelumnya Jumat (21/3/2020) pihaknya belum menyetujui chloroquine untuk pengobatan Covid-19.

“Kami juga harus memastikan produk ini efektif, jika tidak kami berisiko merawat pasien dengan produk yang mungkin tidak berfungsi ketika mereka bisa mengejar perawatan lain yang lebih tepat,” ujar Komisaris FDA Stephen Hahn pada CNN International.

Tidak hanya Amerika Serikat, chloroquine juga rencananya akan digunaan di Indonesia. Hal ini dinyatakan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (20/3/2020).

“Kami sudah mendatangkan 5.000 avigan, dan dalam proses pemesanan ada 2 juta. Kemudian yang kedua chloroquine sudah siap 3 juta,” kata Jokowi dalam konferensi pers via video.

Pos terkait