Perhatikan Protokol Kesehatan WHO Lawan Covid-19

  • Whatsapp
WHO
WHO.
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews.com – Wabah Coronavirus disease (COVID‑19) saat ini menjadi common enemy bagi masyarakat dunia. Bahkan setelah menyambar di China, virus yang menyerang sistem pernafasan manusia itu kini sudah go international dengan mewabah hampir seluruh negara yang ada di planet bumi.

Sebagai informasi dari Google per hari ini Senin 23 Maret 2020 pukul 08.41 WIB, tercatat dan terkonformasi bahwa ada 335.403 kasus Covid-19 di seluruh dunia. 97.636 orang diantaranya dinyatakan sembuh dan 14.611 dikabarkan meninggal dunia.

Bacaan Lainnya

Namun bagi masyarakat luas, sebaiknya jangan mudah panik dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang diinformasikan oleh World Health Organization (WHO) dan melalui otoritas kesehatan publik internasional dan di masing-masing negara.

Berdasarkan keterangan dari WHO, kebanyakan orang yang terinfeksi mengalami penyakit ringan dan sembuh, tetapi bisa lebih parah bagi orang lain yang memiliki tingkat kerentanan tinggi. Maka dari itu, menjaga kesehatan dan lindungi orang lain dari Covid-19 sangat penting.

Perhatikan beberapa protokol kesehatan di bawah ini agar tidak tertular virus Corona.

1. Cuci tangan sesering mungkin
Selalu bersihkan tangan Anda Secara teratur dan menyeluruh dengan bahan berbasis alkohol atau cuci dengan sabun dan air bersih.

Karena mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan bahan berbasis alkohol bisa membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda.

2. Pertahankan jarak sosial
Pertahankan jarak setidaknya 1 meter (3 kaki) antara Anda dan siapa saja yang batuk atau bersin. Karena ketika seseorang batuk atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus.

Jika Anda terlalu dekat, Anda bisa menghirup tetesan air, termasuk virus COVID-19 jika orang tersebut menderita batuk.

3. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut
Seminimal mungkin jangan sampai Anda mengucek mata, menyentuh hidup dan mulut dengan tangan. Karena dikhawatirnya tangan yang menyentuh banyak permukaan dan dapat tertular virus, dan setelah terkontaminasi, kemudian virus di tangan bisa berpindah ke mata, hidung, atau mulut Anda. Dan dari sana, virus bisa masuk ke tubuh Anda dan bisa membuat Anda sakit.

4. Jaga kebersihan pernafasan
Pastikan Anda, dan orang-orang di sekitar Anda, mengikuti kebersihan pernapasan yang baik. Ini berarti menutupi mulut dan hidung Anda dengan siku atau jaringan yang tertekuk saat Anda batuk atau bersin. Kemudian segera buang tisu bekas itu agar tidak terjamah oleh orang lain sehingga virus bisa menyebar dengan cepat.

5. Periksa ke dokter jika sulit bernafas dibarengi demam dan batuk
Jika Anda merasa kondisi tubuh tidak fit seperti demam, batuk, dan kesulitan bernapas maka segeralah cari perawatan medis sejak dini. Ikuti arahan otoritas kesehatan setempat.

Hal ini dilakukan lantaran otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah Anda. Menelepon terlebih ke Call Center dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan Anda dengan cepat mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat. Ini juga akan melindungi Anda dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.

6. Patuhi instruksi kesehatan
Sangat diharapkan agar Anda tetap mendapatkan informasi tentang perkembangan terbaru terkait dengan COVID-19. Ikuti apapun yang menjadi saran daro penyedia layanan kesehatan Anda, otoritas kesehatan publik nasional dan lokal Anda atau pemerintah Anda tentang cara melindungi diri sendiri dan orang lain dari COVID-19.

Mengapa ini sangat penting dilakukan, karena otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang apakah COVID-19 menyebar di daerah Anda. Mereka memang ditugaskan untuk memberi nasihat tentang apa yang harus dilakukan masyarakat di daerah Anda untuk melindungi diri mereka sendiri.

Share to your social media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pos terkait