Masih Diserang COVID-19, Presiden Jokowi Ajak Dunia Kerjasama

  • Whatsapp
presiden jokowi di sidang PBB 1
Presiden Joko Widodo saat berbicara di depan Sidang Umum PBB ke-75. [foto : dokumen Kementerian Luar Negeri Indonesia]

Inisiatifnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menghadiri sidang umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) secara virtual.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Republik Indonesia mengajak kepada seluruh pemimpin negara di dunia anggota PBB untuk meningkatkan kualitas kerjasama yang baik, serta mencari pemecahan solusi terbaik untuk mengentaskan diri dari COVID-19.

Bacaan Lainnya

“Presiden Jokowi menekankan pentingnya bersatu padu, selalu menggunakan pendekatan win-win pada hubungan antar-negara yang saling menguntungkan,” kata Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi, Rabu (23/9/2020).

Dan Retno juga menyampaikan bahwa hubungan multilateral secara global bisa dibuktikan apakah berjalan dengan baik atau tidak ketika menghadapi pandemi yang tengah sama-sama dirasakan.

“PBB perlu membuktikan bahwa multilateralism delivers; memperkokoh global leadership; dan mendorong kerjasama penanganan Covid-19 dari sisi kesehatan dan dampak sosial ekonominya,” ujarnya.

Kemudian, masih dalam kesempatan tersebut, Retno Marsudi juga mengatakan bahwa Presiden Jokowi mengingatkan kepada para pimpinan dan delegasi negara sahabat anggota PBB, bahwa organisasi dunia itu bukan sekedar wujud bangunan fisik yang berdiri kokoh di Amerika Serikat saja, melainkan lebih daru itu, bagaimana organisasi dunia tersebut harus mampu berkontribusi aktif dalam menjaga persamaian dan kesejahteraan, khusus kepada para generasi selanjutnya.

“PBB bukanlah sekedar sebuah gedung di New York, tapi sebuah cita-cita dan komitmen bersama seluruh bangsa untuk mencapai perdamaian dunia dan kesejahteraan bagi generasi penerus,” tandasnya.

Terakhir, Presiden Jokowi dalam pidatonya itu menekankan, apa yang disampaikan itu bisa diraih ketika seluruh negara mampu saling bekerjasama.

“Dunia yang sehat dan produktif harus menjadi prioritas dan semua itu dapat dicapai jika kita bekerjasama, bekerjasama, bekerjasama,” pungkasnya. []

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait