Perdana Menteri Malaysia Siap Jadi Orang Pertama Divaksin COVID-19

  • Whatsapp
muhyiddin yassin
Perdana Menteri Malaysia, Tan Sri Dato' Haji Muhyiddin bin Haji Muhammad Yassin,

Inisiatifnews.com – Yakinkan rakyat Malaysia untuk melakukan vaksinasi COVID-19, perdana menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin menyatakan siapa menjadi orang pertama yang akan melakukan suntik vaksin.

“Ini untuk meyakinkan publik Malaysia tentang keamanan dan kemanjuran vaksin,” kata Muhyiddin seperti dikutip situs Mashable.com, Rabu (23/12/2020).

Bacaan Lainnya

Kemudian, Muhyiddin juga menyampaikan bahwa vaksin COVID-19 akan diprioritaskan bagi para tenaga medis sebagai agen terdepan dalam penanggulangan wabah virus tersebut, kemudian dilanjutkan kepada para masyarakat yang memiliki tingkat kerentanan tinggi, yakni mereka yang berusia lanjut dan memiliki penyakit pernafasan kronis dan tidak menular.

Selanjutnya, Muhyiddin juga menjanjikan pasokan vaksin Pfizer BioNTech COVID-19 yang didatangkan dari Amerika Serikat (USA) tersebut aman dan segera bisa didistribusikan kepada masyarakat di negaranya itu.

“Pemerintah mengharapkan pasokan pertama satu juta dosis vaksin dari Pfizer sudah diterima dan diberikan kepada kelompok sasaran paling cepat Februari 2021,” jelas Muhyiddin.

Perlu diketahui, bahwa pemerintah Malaysia baru saja melakukan tanda tangan perjanjian pengadaan vaksin COVID-19 tersebut sebanyak 12,8 juta dosis.

Selain Pfizer, pemerintah Malaysia juga telah memesan 6,4 juta lebih dosis vaksin dari perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca.

Walaupun vaksin-vaksin tersebut masih diupayakan untuk dipasok, Muhyiddin tetap menyerukan kepada masyarakat Malaysia agar selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Kita harus beradaptasi dengan normal baru karena virusnya sudah ada di masyarakat,” tuturnya.

Protokol kesehatan sebagai gaya kenormalan baru ini adalah dengan selalu mencuci tangan dengan sabun, menutup mulut dan hidung menggunakan masker dan menjaga jarak aman untuk menghindari droplet. [NOE]

Pos terkait