Kerajaan Arab Saudi Buka Kuota Terbatas Haji 2021 untuk Indonesia

  • Whatsapp
Esam Abid Althagafi
Presiden Joko Widodo saat menerima kunjungan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althagafi ditemani Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Negara.

Inisiatifnews.com – Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Althagafi memberikan kabar gembira kepada umat Islam di Indonesia. Pasalnya, ia menyebut ada optimistis bahwa ibadah haji akan tetap diselenggarakan pada 2021 meskipun dengan kuota yang sangat terbatas.

Insya Allah akan ada berita bagus terkait hal itu. Kami juga masih menunggu informasi ataupun berita terbaru, tetapi Insya Allah akan ada ibadah haji untuk muslim di Indonesia serta muslim di dunia,” ujar Esam Abid,, Kamis (15/4/2021).

Bacaan Lainnya

Kendati demikain Esam belum bisa memastikan kapan penyelenggaraan ibadah haji resmi diumumkan kepada muslim di Indonesia maupun di negara lain.

Adapun Esam mengatakan bagi seluruh muslim di Indonesia dan dunia saat ini harus mepersiapkan diri untuk vaksinasi Covid-19.

Musababnya, mereka yang mengikuti ibadah haji harus sudah mendapat vaksin Covid-19 terlebih dahulu sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Vaksin itu terkait dengan jenis vaksin dan tentu saja itu adalah hal utama dan tentu saja nantinya kita akan mengetahui kuota kemudian,” kata dia.

Esam mengatakan kuota yang akan disediakan untuk Indonesia itu akan sama dengan negara muslim lainnya di dunia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bidang Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis menyatakan telah berbincang dengan Dubes Esam terkait penyelenggaraan haji tahun ini. Dalam perbincangan tersebut, Cholil mengungkapkan bahwa Esam belum menyebutkan berapa kuota jemaah haji dan kapan kepastian haji akan diumumkan.

“Saya tadi sempat berbincang dengan Dubes Esam. Saya tanya sedikit ke beliau, apakah ada haji? Insya Allah ada, tapi kuotanya sedikit,” kata Cholil.

Adapun sebelumnya Kementerian Agama masih menunggu kepastian penyelenggaraan ibadah haji di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. []

Pos terkait