Evakuasi 26 WNI, KBRI Afghanistan Dikendalikan di Islamabad

  • Whatsapp
Menlu Retno
Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Lestari Priansari Marsudi.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi menyampaikan, bahwa pemerintah Indonesia telah melakukan evakuasi terhadap para Warga Negara Indonesia (WNI) di Afghanistan.

Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU,” kata Retno, Jumat (20/8/2021).

Bacaan Lainnya

Saat ini kata Retno, pesawat milik TNI Angkatan Udara itu sudah siap terbang ke Indonesia untuk membawa para WNI tersebut.

“Pesawat saat ini sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia,” ujarnya.

Menlu juga mengatakan, bahwa setidaknya ada 26 orang WNI yang dievakuasi dari Kota Kabul. Mereka juga termasuk para staf dari kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di sana.

“Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staf KBRI, 5 WN Filipina, dan 2 WN Afghanistan (suami dari WNI dan staf lokal KBRI),” terangnya.

Selain itu, Menteri Retno juga menyampaikan, bahwa KBRI Afghanistan untuk sementara waktu dikendalikan dari Kota Islamabad. Jumlah tim yang akan beroperasi di sana juga sangat terbatas.

“Semula kita merencanakan untuk tetap melakukan misi KBRI Kabul dengan tim kecil atau tim esensial yang terbatas. Namun demikian, di saat-saat terakhir proses evakuasi terjadi perkembangan baru, dan untuk sementara operasi KBRI Kabul dilakukan dari Islamabad (Pakistan),” jelas Menlu.

Ia memaparkan bahwa tim KBRI Kabul yang akan bertugas terdiri dari empat orang.

“1 kuasa usaha sementara dan 3 home staff akan menjalankan misi Kabul dari Islamabad. Tim kecil ini akan terus melakukan assesment situasi Afghanistan setiap hari dan menentukan langkah selanjutnya,” tuturnya.

Pos terkait