Terima Kunjungan PM Malaysia, Presiden Jokowi Bahas WNI Sampai Covid-19

  • Whatsapp
jokowi
Presiden Jokowi saat menyambut kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Malaysia Dato’ Sri Ismail Sabri bin Yaakob di Istana Kepresidenan Bogor.

Inisiatifnews.com – Presiden Joko Widodo hari ini telah menerima kunjungan resmi dari Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri Yaakob. Penyambutan hangat dan penuh keakraban ini dilakukan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

“Saya bertemu Perdana Menteri Malaysia, Dato’ Sri Ismail Sabri bin Yaakob di Istana Bogor, hari ini dan membahas sejumlah isu bilateral maupun kawasan dalam suasana terbuka dan bersahabat,” kata Presiden Joko Widodo, Rabu (10/11).

Bacaan Lainnya

Isu bilateral yang diangkat di dalam pertemuan tersebut adalah mulai dari perlindungan warga negara Indonesia (WNI) hingga negoisasi batas negara antara Indonesia dengan negeri Jiran itu.

“Isu-isu bilateral yang kami bahas antara lain adalah soal kerja sama perlindungan warga negara Indonesia di Malaysia, izin community learning center di Semenanjung Malaysia, soal penyelesaian negosiasi batas negara di darat dan batas laut, serta hal-hal terkait pemulihan ekonomi pascapandemi,” ujarnya.

Kehangatan sambutan Presiden Joko Widodo terhadap sahabatnya itu tampak saat sang tamu istimewa dari negara tetangga memasuki Istana Kepresidenan Bogor, tampak PM Malaysia disambut dengan iring-iringan pasukan marching band dan pasukan berkuda dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Presiden Jokowi yang tampak mengenakan setelan jas berwarna biru menyambut kedatangan PM Ismail Sabri, untuk selanjutnya menuju halaman Istana Kepresidenan Bogor, dan melaksanakan upacara penyambutan secara resmi.

Upacara penyambutan dimulai dengan mengumandangkan instrumen musik lagu kebangsaan kedua negara, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan.

Sebelum memasuki Istana Kepresidenan Bogor, Presiden Jokowi memperkenalkan Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir kepada PM Ismail Sabri. Demikian pula sebaliknya, PM Ismail Sabri memperkenalkan jajaran menterinya yang turut serta mendampingi kunjungan resminya ke Indonesia kali ini.

Selanjutnya, Presiden Jokowi melakukan sesi foto bersama dengan PM Ismail Sabri dengan latar bendera kebangsaan kedua negara. Acara dilanjutkan dengan penandatangan buku tamu, dan berbincang-bincang di teras belakang Istana Kepresidenan Bogor (veranda talk).

Usai melakukan bincang-bincang, Presiden Jokowi serta PM Ismail Sabri direncanakan melakukan pertemuan bilateral. Dilanjutkan dengan pernyataan pers bersama.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Indonesia Nadiem Makarim, serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno turut mendampingi Jokowi dalam kesempatan tersebut.

Pos terkait