Alwi Shihab : Ucapan Selamat Natal Sudah Sesuai Anjuran Al Quran

alwi shihab
Alwi Abdurrahman Shihab.

Inisiatifnews – Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Alwi Abdurrahman Shihab mengatakan bahwa ucapan selamat natal yang dilakukan oleh Grand Syekh alias imam besar Universitas Al Azhar Kairo, Muhammad ath-Thayyeb kepada Paus Fransiskus adalah wujud betapa Islam sangat menganjurkan berperilaku santun kepada sesama manusia yang bukan satu aqidah.

Bahkan ia menilai jika kesantunan semacam itu sudah sesuai dengan anjuran dari Al Quran.

Bacaan Lainnya

“Ucapan selamat natal pemimpin tertinggi Al Azhar kepada Pope (sebutan Paus -red) sesuai dengan anjuran Al Quran untuk berprilaku santun dan adil kepada non Muslim yang tidak memerangi Islam atau mengusir Muslim dari negaranya,” kata Alwi dalam keterangannya yang diterima Inisiatifnews.com, Senin (30/12/2019).

Bahkan ia menyebut jika apa yang dilakukan oleh Grand Syekh Al Azhar itu adalah contoh yang baik bagi umat Islam saat ini.

“Teladan baik bagi ummat Islam,” imbuhnya.

Perlu diketahui, bahwa Grand Syekh Al Azhar melalui postingan resmi yang dikeluarkan oleh akun Facebook Official Al Azhar menyampaikan ucapan selamat natal kepada seluruh umat Kristiani dan pemimpin Vatikan pada hari Selasa (24/12) lalu.

Universitas Al-Azhar melalui pemimpin tertingginya yakni Grand Syekh menyampaikan dengan tulus ucapan selamat merayakan Hari Natal kepada Paus Fransiskus dan seluruh umat Kristiani di dunia. Dengan harapan, membawa kebahagiaan bagi umat Kristiani, serta keamanan dan perdamaian bagi umat manusia.

Dalam kesempatan ini, Al-Azhar juga menegaskan bahwa kokohnya hubungan Islam-Kristen, terkhusus dalam konteks upaya bersama Grand Syekh dan Paus Fransiskus dalam memperkuat dialog antar agama, membuktikan bahwa keduanya memiliki kemantapan nilai perdamaian dan keharmonisan yang sama antar bangsa dan peradaban dunia.

Hal itu kata Alwi juga dicerminkan oleh penandatanganan dokumen koeksistensi terpenting dalam masa modern oleh Grand Syekh dan Paus Fransiskus yaitu Watsiqah Al-Ukhuwwah Al-Insaniyah, dokumen persaudaraan kemanusiaan. Diikuti kerjasama untuk mewujudkan butir-butir dokumen tersebut secara nyata melalui Komisi Tinggi Untuk Persaudaraan Kemanusiaan.

Grand Syekh dan Paus
Tandatangan Grand Syekh Al-Azhar, Ahmad Al-Thayyeb dan Paus Fransiskus terhadap “Dokumen Persaudaraan Manusia”.

[RED]

Pos terkait