Muhammadiyah : Vape Haram!

  • Whatsapp
vape
Source image : Medicalnewstoday.

Inisiatifnews.com – Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Wawan Gunawan Abdul Wahid menyampaikan bahwa di dalam hasil pertemuan pimpinan Muhammadiyah di Yogyakarta menyebutkan jika rokok elektrik alias vape diharamkan.

“Mengeluarkan fatwa mengenai larangan elektronik atau sering disebut vape,” kata Wawan, Jumat (24/1/2020).

Bacaan Lainnya

Bahkan ia menyebutkan bahwa fatwa haram rokok elektronik tersebut sudah disepakati oleh pimpinan PP Muhammadiyah pada tanggal 14 Januari 2020 lalu. Dan fatwa ini juga dikeluarkan sebagai salah satu bentuk Muhammadiyah konsisten dalam regulasi kawasan tanpa rokok (KTR).

Kemudian, Wawan juga mengatakan bahwa fatwa haram ini dikeluarkan karena perspektif kolektif bahwa rokok konvensional alias rokok dengan bahan tembakau ataupun elektrik yang melalui penguapan bahan kimia tetap memiliki dampak buruk bagi kesehatan manusia.

“Merokok e-cigarette sama saja mengonsumsi khabais (merusak/membahayakan), serta mengandung unsur menjatuhkan diri dalam kebinasaan,” terangnya.

Selanjutnya, fatwa haram rokok elektrik ini juga sekaligus memberikan penegasan terhadap fatwa PP Muhammadiyah, tepatnya oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah 2010 lalu tentang hukum merokok.

Rujukan dalil yang dipakai untuk mengharamkan rokok menurut PP Muhammadiyah adalah QS Al-Baqarah ayat (195) yang berbunyi ;

وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik”.

Dan QS An-Nisa ayat (29) yang berbunyi ;

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ ۚ وَلَا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu”.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait