Aa Gym Ajak Umat Islam Indonesia Patuhi MUI Sholat di Rumah

  • Whatsapp
IMG 20200320 231043
KH Abdullah Gymnastiar.

Inisiatifnews.com – Pasca dikeluarkannya Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19, akhirnya banyak masjid yang meliburkan sementara aktivitas sholat jamaah termasuk shalat jumat.

Hal ini pun mendapatkan tanggapan pula dari pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhid, KH Abdullah Gymnastiar (AA Gym).

Bacaan Lainnya

Dalam video yang dibuatnya, ia mengatakan bahwa masjid di Daarut Tauhid saat ini tidak digunakan untuk shalat jamaah. Alasan yang diambil lantaran pihaknya mengikuti instruksi dari pemerintah dan patuh pada Fatwa MUI pusat itu.

“AA, pimpinan Daarut Tauhid dan seluruh jajaran Daarut Tauhid memutuskan untuk sepenuhnya mengikuti fatwa Majelis Ulama Indonesia, dan keluarga sudah sholat di rumah dan semua juga dianjurkan sholat di rumah,” kata Aa Gym, Rabu (18/3/2020).

Tidak hanya sholat jamaah saja, bahkan untuk sementara waktu sholat jumat di masjid Daarut Tauhid juga ditidakan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

“Masjid Daarut Tauhid (untuk) sholat Jumat ditiadakan, juga sholat berjamaah di Masjid Daarut Tauhiid ditiadakan sampai kondisi memungkinkan,” ujarnya.

Ia pun menyerukan kepada seluruh umat Islam di Indonesia agar patuh terhadap fatwa MUI terkait dengan persoalan ritual keagamaan. Karena menurutnya, MUI adalah lembaga resmi yang memiliki otoritas tentang keilmuan yang bertujuan untuk menjaga kemaslahatan umat.

“Kita memiliki Majelis Ulama yang memiliki otoritas dan keilmuan untuk menjaga kemaslahatan umat Islam di Indonesia juga bangsa ini,” jelasnya.

Dan AA Gym juga meminta kepada umat Islam di Indonesia agar tidak terpengaruh dengan ucapan-ucapan yang justru bertentangan dengan fatwa MUI.

“Tidak usah bingung oleh broadcast dari orang-orang yang tidak jelas keilmuannya, tidak jelas tanggungjawabnya. Mari kita patuhi fatwa Majelis Ulama dan juga peraturan pemerintah dari pemerintah yang bisa menjadi jalan tercegahnya menyebarnya virus ini,” tambah AA Gym.

Terkait dengan imbauan pemerintah agar masyarakat memberlakukan social distancing, AA Gym juga sepakat. Ia bahkan meminta pula kepada umat Islam di Indonesia agar menunda sementara waktu aktivitas di luar rumah kecuali sesuatu yang sangat penting.

“Tinggallah di rumah sekuat tenaga, keluar hanya untuk darurat saja dan jauhi kerumunan, jauhi keramaian, jauhi segala peluang kita terkena atau kita yang menyebarkan (virus),” imbaunya.

Terakhir, bagi masyarakat yang harus keluar untuk aktivitas tertentu, AA Gym mengimbau agar mereka tetap menjaga diri dan selalu bermunajad kepada Tuhan. Serta semaksimal mungkin agar selalu mencici tangan dan menjaga kebersihan.

“Bagi yang memang terpaksa harus keluar dari rumah, maka jaga diri sekuat tenaga dengan memperbanyak doa dan dzikir. Jaga dari sentuhan dan kalaupun pulang ke rumah bersihkan tangan dan mandi supaya kita tidak menjadi jalan cobaan bagi yang di rumah kita,” tutupnya. [NOE]

Pos terkait