Ketum PBNU Sarankan Baca Doa dan Social Distancing Demi Cegah Covid-19

Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj.

Inisiatifnews.com – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj mengimbau kepada umat Islam agar tetap menjaga keimanan di tengah wabah virus corona (Covid-19).

“Mengimbau kepada seluruh warga nahdliyyin dan umat islam (agar) selalu berserah diri pada Allah, menebalkan iman pada Allah, dengan dasar ; Tidak akan menimpa kita apapun kecuali pada yang Ia (Allah) kehendaki,” kata Said Aqil dalam videonya.

Bacaan Lainnya

Bagi Kiai Aqil, tawakkal atau berserah diri adalah sikap yang terbaik seorang hamba kepada Tuhannya.

“Mari tingkatkan iman tawakkal, ridlo dan terima ketentuan Allah di tengah wabah Covid,” imbuhnya.

Namun di sisi lain, kiai Aqil juga meminta kepada umat Islam dan warga Nahdliyyin pada khususnya agar tetap mengedepankan ikhtiar agar terhindar dari virus Corona itu.

“Kita harus berikhtiar dan berusaha, itu pun perintah Allah. Allah perintah pada kita agar kita berusaha berupaya melakukan sesuatu (agar) tertindar dari mara bahaya. Tidak boleh kita menyerah begitu saja,” ujarnya.

Dalam sisi ikhtiar ini, kiai Aqil pun membaginya menjadi dua yakni ikhtiar secara batin dan ikhtiar secara lahir.

Untuk ikhtiar kita secara batin, ia menganjurkan umat Islam agar membaca beberapa doa dan sholawat thibbil qulub serta qunut nadzilah.

Berikut adalah doa-doa yang dianjurkan dibaca di tengah wabah Covid-19 oleh Kiai Said Aqil Siradj ;

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Bismillahilladzi La Yadhurru Ma’asmihi Syai’un fil Ardhi wa Laa fis Sama’i wa Huwas Sami’ul ‘Alim.”

Artinya: “Dengan nama Allah Yang bersama NamaNya sesuatu apa pun tidak akan celaka baik di bumi dan di langit. Dialah Maha Mendengar lagi maha Mengetahui.”

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

“A’udzu Bikalimaatillaahit Taammaati min Syarri Maa Khalaq”

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya.”

Kemudian untuk ikhtiar lahir, ia menyerukan agar pola hidup sehat harus dijaga dan diamalkan dengan baik. Termasuk mencuci tangan dengan sabun dan mengonsumsi makanan yang sehat.

“Ikhtiar lahir, mari jaga pola hidup sehat, makan yang sehat, cuci tangan dengan air mengalir dengan sabun yang bersih dan kontinyu,” tuturnya.

Sementara itu ada pula ikhtiar batin lainnya yakni meminimalisir penularan virus dengan melakukan social distancing sebagai protokol kesehatan resmi dari otoritas kesehatan dan pemerintah pusat.

“Kurangi mobilitas (lakukan) social distancing, hindari kerumunan massa, hindari keramaian, cukup berada di rumah kecuali ada urusan mendesak baru keluar dari rumah. Belajar dan bekerja dari rumah untuk hindari penyebaran corona,” tambahnya. [NOE]

Pos terkait